Tips Belanja Baju Muslimah

Tips Belanja Baju Muslimah
Belanja merupakan sebuah kegiatan yang banyak diminati dan disukai oleh wanita muslimah. Dari belanja perabot rumah tangga sampai belanja baju.

Banyak cara yang dapat ditempuh seorang muslimah untuk belanja. Bisa datang langsung ke pasar / toko, ikut arisan barang, ataupun belanja baju online.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan sedikit tips bagi muslimah yang ingin berbelanja baju. Tips ini berkaitan dengan tips prioritas belanja dan pilihan terbaik untuk busana muslimah.

Langsung saja, mari kita simak beberapa tips belanja baju bagi muslimahnya sebagai berikut.

Tentukan Prioritas 


Dalam setiap pengambilan keputusan dibutukan sebuah skema skala priotas. Gunanya adalah untuk menentukan mana prioritas yang paling penting haru di beli dan mana yang penting, serta mana yang kurang penting dan tidak penting.

Dengan menentukan skala prioritaas ini membuat kita lebih bijak dalam berbelanja busana. Tidak kalap melihat diskon. Dan tidak tergiur melihat penawaran murah dan produk terbaru.

Skala prioritas ini menjadi penting karena kita lihat betapa banyak muslimah yang mengabaikan perkara yang lebih penting dan mengutamakan yang kurang penting.

Sebagai contoh, memakai busana muslimah yang syari ini adalah perkara yang penting. Namun ketika kita telah memilikinya tentu membeli baju model terbaru bukanlah prioritas utama lagi. Karena ternyata masih banyak perkara yang lalai menjadi prioritas kita dari perkara-perkara sosial dan ibadah. 

Seperti yang telah kami share pada artikel sebelumnya jerat-jerat iblis dalam pakaian muslimah merupakan bukti kurangnya penerapan skala prioritas dalam diri masing-masing kita.

Kita mampu untuk menabung sedikit demi sedikit untuk membali baju model terbaru. Namun kita lalai dari berinfaq untuk kepentingan agama. Kita lalai untuk menabung ibadah ketah suci. Atau bahkan kita lalai disekitar kita masih banyak saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita.

Betapa banyak dan gencarnya kritenisasi di negeri ini yang melaju dengan senjata utama berupa materi. Namun masih saja diri – diri kaum muslim terlena dalam kenyamanan dunia dengan mengikuti tren busana. Hingga bantuan dana untuk si faqir terlewatkan dan dimanfaatkan para misionasir menarik simpati dan budi. Akhirnya terjadilah kritenisasi seperti saat ini.

Betapa banyak dari kita yang menumpuk busana di lemari-lamari kaca untuk selalu tampil beda dalam setiap suasana. Namun kita lalai banyak saudara kita di luar sana yang tidak mampu membeli baju untuk sehari-harinya.

Kita juga temui saudara kita yang bergelimang harta dan bercerita dengannya, namun lupa orang lain ternyata merasa hampa karena kekurangan harta berada di depannya. 

Oleh karena itu, marilah saudara saudariku muslim dan muslimah. Kita buat skala prioritas ini sekarang juga. Agar kita lebih bijak dalam menghadapi suasana. Dan lebih tepat dalam beramal. Sehingga tidak salah dalam menerapkan prioritas dalam membelanjakan harta.

Berbalutlah Dengan Busana Taqwa


Tips berbelanja baju muslimah beriktunya adalah milikilah busana terbaik itu yaitu busana taqwa. Karena busana taqwa ini adalah sebaik-baik bekal yang dapat kita bawa kelak di akhirat.

Bukan semata bersihnya busana kita, bukan semata baiknya busana yang kita pakai. Tapi jauh dari itu, apakah bersih dan baiknya busana yang kita pakai ini bisa berimplikasi pada bersih dan baiknya hati dan akhlak kita.

Maka hendaknya dengan busana yang baik, baju yang bersih, penampilan yang syari membuat kita lebih bertaqwa. Bukan justru kita tertipu dengan indahnya perhiasan dunia.

Bukan masalah tren, bukan masalah gengsi. Berbusanalah dengan pakaian yang sewajarnya, jangan berlebihan dan jangan bermudah-mudah. Sehingga hati bisa lebih selamat dari riya darinya, ujub, dan sum 'ah. 

Taqwa itu di dalam hati, yang di topang dengan penampilan akhlak pribadi. Jangan melulu pentingkan penampilan fisik diri, sementara hati lupa terhiasi. Maka mari kita berhias dengan sebaik-baik pakaian, yaitu pakain taqwa.

Sederhanakanlah Penampilan


Tips berikutnya yaitu menyederhanakan dalam berpenampilan. Tidak wah dan tidak kurang. Karena busana yang syari itu sederhana dan menutup seluruh tubuh wanita.

Jangan sampai kita sangat perhatian dengan tren busana namun lupa mengikuti tren menuntut ilmu. Padahal setelah mampu berbusana maka hendaknya pertebal keimanan agar istiqomah di jalan agama dengan bersimpuh di majlis ilmu. 

Jangan sampai kita fokus perbaiki busana syari, namun lupa akhlak diri. Sehingga tampil ingin mencolok sendiri, hingga akhirnya syariat menjadi caci.

Demikian tips belanja baju muslimah yang berbau nasehat ini kami sampaikan. Mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua khususnya diri kami pribadi. Wallahu a’lam.



Blog 

0 komentar: