Subscribe:

Senin, 19 Desember 2016

Jual Beli Sama Dengan Riba ?

Jual Beli Sama Dengan Riba ?

Fenomena Jahiliyah Masa Kini 

Mungkin ada diantara kita yang pernah berbicara kepada seseorang tentang riba, larangan dan bahayanya, kemudian di jawab bukankah riba sama dengan jual beli? 

Atau mungkin ketika kita terlihat idealis, tidak mau mengambil kredit dalam bentuk riba maka ada diantara saudara kita yang mengatakan hal yang sama, yaitu keuntungan riba itu sama dengan keuntungan jual beli? 

Padahal di dalam al-Quran yaitu kitab suci yang sama-sama menjadi pegangan hidup bagi kita, jelas-jelas Allah telah mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli. 

Bahkan ternyata di zaman dahulu orang jahiliyyah menyamakan antara jual beli dengan riba. Padahal sudah jelas keduanya sangatlah berbeda. 

Allah ta'ala berfirman dalam al-Quran, 

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al-Baqarah: 275)

Lalu masih layakkah bagi kita untuk menyamakan antara riba dan jual beli ini? Layakkah bagi kita menyamakan antara yang halal dan yang haram? Layakkah bagi kita menyamakan apa yang di larang Allah dan apa yang diperbolehkan? Atau apakah kita ingin menyamakan antara yang adil dengan yang dzolim ? bahkan Apakah mungkin kita hendak menghalalkan apa yang di haramkan Allah? Sunggguh ini bukanlah sikap yang sepatutnya ada pada diri seorang muslim.
Sungguh tidak layak bagi seorang muslim, ketika Allah telah haramkan sesuatu lalu ia samakan dengan yang haram. Apakah ia siap berperang dengan Allah? Karena Allah telah menyatakan dalam Firmannya akan memerangi pelaku riba. 

فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنْ اللَّهِ وَرَسُولِهِ

Maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu (disebabkan tidak meninggalkan sisa riba).” (QS. Al Baqarah: 279)

Mungkinkah makhluk sanggup berperang dengan Rabb nya?

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Co.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar