Subscribe:

Rabu, 28 Desember 2016

Yang Sering Terlupakan Dalam Berbusana Muslimah

Yang Sering Terlupakan Dalam Berbusana Muslimah
Yang Sering Terlupakan Dalam Berbusana Muslimah
Ketika mengenakan busana muslimah, terkadang ada hal-hal yang kita temui cukup banyak terlalaikan atau terlupakan oleh kita. Khususnya hal yang sifatnya detail dan kecil-kecil. 

Padahal jika di perhatikan ulang, hal-hal yang terlihat kecil dalam berbusana muslimah tersebut sangat penting untuk menjadi perhatian kita. Karena hal tersebut dapat berdampak dalam perkara yang di larang dalam Syariat Islam. 

Apa saja hal kecil yang terlihat sepela dalam berbusana muslimah yang agaknya sering terlupakan oleh kita tersebut? Berikut diatatara hal yang sering terlupa oleh kita dan hendaknya setelah menyadarinya kini menjadi perhatian lagi. 
  • Tidak Menutup Kaki 
Kaki merupakan aurat bagi seorang muslimah. Oleh karenanya bagi setiap muslimah ketika memakai busana hendaknya ia tutup juga bagian kaki nya. 

Namun ternyata bagian kaki ini, sering kita lihat terlewatkan oleh muslimah dalam berbusana. Terkadang kita temui busana muslimah sudah baik menutupi seluruh tubuhnya. Modelnya longgar, lengkap jilbab panjang dan cadar, namun ternyata bagian kakinya tidak tertutup. 

Padahal jika kita perhatikan lagi, menutup kaki adalah sebuah kewajiban bagi muslimah. Sementara memakai cadar masih terdapat khilaf di kalangan ulama. Ada yang menyebutkan sunnah dan ada pula yang mewajibkannya. 

Maka ketika kita telah mengetahui pertimbangan ini. Hendaknya kita lebih perhatian lagi pada bagian kaki ketika berbusana muslimah. Jika memang belum memungkinkan bagi kita memakai gamis dengan model menyapu tanah sehingga menutupi dengan baik bagian kaki muslimah. Maka ada baiknya sebagai pelengkap berbusana syari ini kita kenakan kaos kaki untuk menutupinya. 
  • Terlihat Rambut 
Satu hal yang terlihat kecil yang terkadang kita temui ketika memakai busana bagi muslimah yaitu terlihatnya rambut. 

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang hendaknya kita tutupi. Namun terkadang masih kita temui dari saudari kita yang lengkap memakai jilbab saat berbusana muslimah masih terlihat bagian rambutnya. 

Mungkin karena tidak sadar, karena aktifitas yang terlalu tinggi atau selainnya menyebabkan rambut muslimah ini terlihat. 

Ketika kita telah mengetahui rambut ini wajib ditutupi, maka hendaknya kini lebih kita perhatikan lagi. Jangan sampai hal yang terlihat kecil ini justru bisa menjerumuskan kita dalam perbuatan yang di larang. 
  • Betis Tersingkap 
Ketika berbusana muslimah, memakai gamis hendaknya dalam bersikap dalam bertingkah laku dan dalam bergerak lebih kita perhatikan. Karena terkadang kita temui muslimah yang sudah baik dalam berbusana, namun karena kurang perhatiannya terhadap gerakan dan posisi tubuhnya, kita mendapatkan sebagian betisnya tersingkap. 

Dan tentu sudah makruf kita ketahui bagian betis ini wajib ditutupi. Maka membukanya di hadapan umum, laki-laki yang bukan mahramnya adalah sebuah perbuatan yang di larang. 

Untuk meminimalisir perbuatan ini, ada baiknya bagi setiap muslimah memakai busana gamisnya agar lebih di panjangkan lagi di bagian bawahnya. Karena dengan ukuran yang panjang akan lebih selamat dari tersingkapnya betis. 

Juga dalam bersikap dan bergerak. Hendaknya kita lebih perhatian lagi. jangan terlalu bergerak dan beraktifitas di tempat umum yang dapat membuat busana gamis naik keatas yang menyebabkan betis muslimah tersingkap dan terlihat oleh orang yang di larang memandangnya. 
  • Dll 
Admin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar