Subscribe:

Selasa, 07 Februari 2017

Diantara Sumber Kegaduhan Sebuah Negeri

Berita Hoax

HOAX. Iya HOAX ... 

Berita HOAX yang tidak jelas sumber dan asal usulnya, berita dusta, berita bohong, berita yang di pelintir, merupakan salah satu penyebab kegaduhan di negeri ini. Yang ternyata banyak dari kita yang terperdaya olehnya.

Dengan mudah berita HOAX ini tersebar. Yang akhirnya dari berita yang tidak jelas tersebut menimbulkan kemarahan sebagian masyarakat. Menimbulkan kegaduhan, menimbulkan ketakutan, menimbulkan keresahan. Padahal belum juga tentu benar apa yang ada dalam berita tersebut.

Akhirnya dunia medos dan sejenisnya di sibukkan dengan isu yang selalu panas per harinya. Dan di hari berikutnya selalu ada berita sanggahan.

Dan begitulah seterusnya...

Ada baiknya kita belajar dari sejarah pembunuhan Khalifah Utsman bin affan radhiallahu 'anhu. Ternyata awalnya adalah di sebarkannya berita HOAX, berita dusta tentang kedzoliman Khalifah oleh segelinntir pemberontak. Hingga banyak orang terprovokasi.

Akhirnya terjadilah apa yang terjadi terhadap Orang terbaik setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Abu Bakr, dan Umar radhiallahu anmum ajmain.

Maka jangan buka pintu fitnah dengan menyebar berita yang tidak jelas sumbernya. Tidak jelas jeluntrungannya. Tidak jelas motif dan tujuan penyebaran berita tersebut.

Bisa saja ada segelintir orang yang menginginkan keributan, kegaduhan, kerusuhan, terganggunya keamanan negeri ini dengan cara membuat berita HOAX. Memanas-manasih hati kaum Muslimin. Mengompori. dan memupuk permusuhan dan perpecahan Umat. Akhirnya ketika kita telah berpecah belah, sangat mudah bagi segelintir orang tersebut untuk meperdaya kita. Sehingga kuantitaspun tidak menjadi jaminan kekuatan.

Maka..

Jika anda termasuk orang yang suka sebar berita yang tidak bersumber dengan jelas. Apalagi kontennya mengandung unsur provokasi.

Mari hentikan kegiatan ini sekarang juga.

Mudah-mudahan kita semua di selamatkan dari berbagai macam fitnah di hari-hari ini. Amiin.

Admin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar