Subscribe:

Rabu, 05 April 2017

Hijab Antara Makna dan Fakta

Hijab
Hijab


Apa Itu Hijab ? 

Hijab merupakan salah satu istilah yang populer di kalangan muslim dan muslimah sekitar kita. Kata hijab ini sering di identikkan dengan sebuah produk yang berkaitan dengan busana wanita muslimah, yaitu khususnya produk jilbab. 

Lalu sebenarnya apa sih hijab itu sendiri ? Bagaimana makna dan penerapannya ? 

Nah perlu kita ketahui bahwasannya hijab itu berasal dari bahasa Arab. Jika kita lihat di kamus kita dapati asal kata hijab ini adalah kata حجب - يحجب yang di artikan dalam bahasa Indonesia dengan Menyelubungi, menutupi, menyembunyikan, membuat tak kelihatan, menghalangi, memblokir, menyekat, membatas, memisah

Dari terjemahan diatas, dapat kita lihat bahwasannya penggunaan kata hijab ini pada asalnya lebih umum dari sekedar produk jilbab atau busana saja. Karena semua hal yang dapat menutupi sesuatu, membatasi sesuatu itu dapat di katakan hijab. 

Contoh ketika kita masuk masjid. Kita akan mendapati ada hijab di masjid. Yaitu hijab / sesuatu benda dalam bentuk tirai, papan, atau tembok yang di gunakan sebagai sekat untuk menutupi muslimah yang masuk ibadah ke dalam masjid. 

Jadi asal makna hijab adalah umum bukan hanya terbatas pada jilbab atau busana untuk muslimah. Maka hijab terbaik bai seorang muslimah itu bukan yang paling bagus model busana nya, namun hijab terbaik bagi wanita adalah Rumah nya. Karena ketika di dalam rumah wanita lebih aman dari fitnah, lebih tertutupi, dan terhalangi dari berbagai macam pandangan yang mungkin bisa memunculkan fitnah baginya. 

Jika dilihat dari segi Istilah, maka hijab yang dijelaskan oleh Al - Munawi, yaitu, 

الحجاب: كل ما ستر المطلوب أو منع من الوصول إليه، ومنه قيل للستر حجاب لمنعه المشاهدة، وقيل للبواب حاجب لمنعه من الدخول. وأصله جسم حائل بين جسدين
Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136 dari Muslim.Or.Id)
Maka jika di hubungkan dengan muslimah atau busananya baginya, yang di maksut dengan hijab itu adalah sesuatu yang menutupi tubuhnya. Maka karena hijab itu sesuatu yang menutupi tubuh / aurat, tentu tujuan memakainya adalah untuk menutupi agar tidak nampak oleh orang yang di haramkan melihatnya. 
Insyaa Allah bersambung .. 
Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar