Subscribe:

Sabtu, 08 April 2017

Tingkatan Memahami Takdir

Tingkatan Memahami Takdir
Tingkatan Memahami Takdir
Takdir / qodho dan qodar merupakan salah satu rukun Iman bagi seorang muslim. Perkara ini termasuk keyakinan / akidah Islam yang setiap muslim wajib mengetahuinya. Untuk memudahkan pemahaman kita terhadap takdir Allah ta'ala, maka ada baiknya kita mengetahui empat tingkatan dalam memahami takdir Allah sebagai berikut. 

Tingkatan Memahami Takdir 

Al Imu 

Allah maha mengetahui segala sesuatu yang AKAN TERJADI, yang Tidak akan terjadi, termasuk apa yang akan terjadi jika sesuatu tidak terjadi.
Dia Telah Mengetahui dan Meng ILMUI itu Semua sejak Azali, semenjak hanya ada Dia dan selain-Nya tak ada

Al Kitabah 

Allah telah mencetat segenap takdirnya. Dia telah menulis seluruh apa yang akan terjadi pada Ciptaan-Nya pada sebuah kitab bernama Allauhul Mahfudz. Disinilah penetapan takdir itu bermula berdasarkan Ilmu Allah.

Al Masyiah 

Segala sesuatu yang terjadi di jagad raya ini, terjadi atas kehendak Allah. Sebaliknya apa yang Dia tidak kehendaki mustahil terjadi. Tak ada satupun makhluk yang bergerak baik di langit maupun di bumi melainkan Allah telah menghendakinya.

Dan Bahwasannya manusia memiliki kehendak. Namun kehendak makhluk di bawah kehendak Allah ta'ala.

وَمَا تَشَاءُونَ إِلا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (Qs. al- Insan: 30)

Al Kholqu 

Segala sesuatu yang ada di jagad raya ini dan segenap apa yang terjadi padanya itu semua hasil ciptaan yang Allah ciptakan.

Admin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar