Berdoalah ...

Berdoa
Berdoa
Berdoalah ... Karena doa adalah termasuk dalam rangkaian ibadah seorang hamba kepada Rabbnya. Seorang hamba yang berdoa kepada Rabb nya berati ia mengakui keagungan dan kekuasaan Rabbnya. Dan bersamaan dengan bhal tersebut ia menundukkan dirinya, ia menghinakan dirinya di hadapan Rabb Semesta Alam. Dan ini adalah termasuk dari ibadah yang Agung. Yang hendaknya setiap hamba hanya menujukan ibadah berdoa ini hanya kepada Allah ta'ala. 

Macam Macam Doa

Di sebutkan oleh para ulama, bahwasannya doa ini terdapat dua macam. Ada doa permohonan dan ada doa ibadah.

Doa Permohonan artinya memohon untuk dipenuhi hajat dan kebutuhannya. Hal ini bisa bernilai ibadah jika doa tersebut dari hamba kepada Tuhannya, karena hal tersebut mengandung unsur membutuhkan dan berserah diri kepada-Nya serta ia berkeyakinan bahwa Dia-lah yang Maha Mampu dan Maha Pemurah serta luas karunia dan Rahmat-Nya. 

Doa jenis ini boleh dilakukan kepada sesama hamba dengan syarat yang di minta tersebut Mampu mengabulkan dan mengerti tentang maksut permintaan tersebut. Contohnya ketika seseorang mengatakan kepada orang lain "wahai fulan, berilah saya makan."

Sedangkan Doa Ibadah biasanya yang bersangkutan melakukannya sebagai penyembahan terhadap yang di seru dengan doa, dengan harapan agar ia mendapatkan belasan dan pahala-Nya serta takut akan siksa-Nya. Yang demikian ini tidak boleh bagi yang berdoa memalingkannya kepada selain Allah. 

Barangsiapa yang memalingkannya kepada selain Allah, maka ia telah melakukan Syirik Akbar yang membuatnya keluar dari Agama Islam dan ia mendapatkan ancaman dari Allah sebagaimana di dalam Firman-Nya, 

"Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku, mereka akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina". (Ghofir : 60). (Syarhu Tsalatsatil Ushul, Syaikh Muhammad bin Shalih al Ustaimin ). 


0 komentar: