Subscribe:

Senin, 09 April 2018

Karena Hidup Akan Terus Berubah

Karena Hidup Akan Terus Berubah
Karena Hidup Akan Terus Berubah

Kehidupan itu akan selalu berubah dan bergulir. Kadang seseorang ada diatas, kadang turun, kadang kaya, mungkin juga suatu saat akan jatuh miskin, kadang bahagia, kadang bersedih. Kadang seseorang berada dalam keadaan lapang, kadang sempit, dan kadang seseorang mendapat bahagia, tak jarang kitapun merasakan kesedihan. 

Dan begitulah kehidupan ini akan selalu silih berganti. Bergulir dan berubah, antara satu keadaan kepadaan yang lainnya. 

Maka orang yang bahagia adalah orang yang teguh memegang prinsip dasar yang satu dalam setiap kondisi (senang ataupun susah, lapang ataupun sempit), yaitu Taqwa kepada Allah ta'ala.

Ketika ia kaya, taqwa akan menghiasinya, ketika miskin taqwa akan membukakan pintu kesabaran baginya. Dalam kenikmatan, taqwa akan menyempurnakan nikmat baginya, dan ketika di timpa ujian taqwa akan membuatnya tetap dalam kebaikan.

Maka bertaqwalah kepada Allah dalam setiap keadaan. Karena tidaklah datang sebuah keadaan yang sempit, sulit, kecuali pertolongan Allah berupa kepangan itu sudah mendekat. 

Kokohkan hatimu dengan Taqwa, karena ia adalah penyelamat kehidupan dunia dan akhirat. Kekita miskin tidak kufur, ketika kaya tidak riya. 

Keadaan Sebagian Manusia

Terkadang kita temui sebagian kita, yang melihat kehidupan itu hanya pada dzohirnya saja. Dan mengukur suatu keberhasilan hanya pada satu kondisi saja. Padahal manusia itu senantiasa dalam kondisi yang berubah ubah. 

Betapa banyak kita lihat orang - orang yang mengukur bahagian dan sukses itu berdasarkan kesuksesan dunia. Meraih sebuah posisi dan jabatan tertentu. Meraih posisi sosial di masyarakat yang tinggi. Atau menjadi orang yang kaya banyak harta. 

Padahal ini bukanlah pertanda apa apa. karena kehidupan itu akan terus bergulir. Kadang seseorang berada diatas, dan kadang pula di bawah. Dan tentu ini bukanlah ukuran kemuliaan dan kehinaan seseroang. Bahkan bisa jadi kekayaan, jabatan, itu dapat menjadi ujian bagianya. 

Karena ukuran yang sesungguhnya adalah taqwa. Dan yang menentukan kehidupannya yang sesungguhnya kelak adalah Taqwa nya dia di dunia. 

Taqwa akan membibingnya menjai baik dalam setiap kondisi. dalam keadaan bergelimang nikmat ia bersyukur, dan ujian ia bersabar. Dan ia pun senantiasa menjadi mukmin yang bahagian dan kehidupannya dalam kebaikan dalam segala kondisi. 

Maka bertaqwalah dimanapun kita berada, dan dalam keadaan apapun kita. Mudah-mudahan Allah selalu menjadikan hidup kita menjadi kehidapan yang baik, kehidupan yang dihitung sebagai ketaatan, dan dijauhkan dari berbagai macam keburukan. Dan semoga Allah wafatkan kita kelak dalam keadaan amalan terbaik kita, sehingga akhir kita adalah akhir yang baik. Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar