Kehidupan Dunia

Kehidupan Dunia
Kehidupan Dunia

Hidup di dunia ini adalah ujian. Kadang kita rasa bahagia, kadang sedih, terkadang mudah, terkadang sulit, terkadang lapang, terkadang sempit, dan selalu berkisar antara dua perkara. 

Kita hidup di dunia ini tidak selalu lurus. Kadang naik, kadang ada belokan, tikungan bahkan turunan tajam. 

Maka siapa yang diatas, jangan pernah bersombong dengan posisinya, karena semua itu adalah hanya pemberian Allah ta'ala. Tidak pantas bagi seorang hamba membanggakannya, karena memang posisi di dunia ini tidak menentukan posisi di akhirat. Kecuali jika ia manfaatkan pemberian Allah itu untuk modelnya kelah hidup di akhirat. 

Begitu juga bagi anda yang sedang di rundung duka, musibah dan ujian. Hendaknya kita terus bersabar. Karena Sabar inilah yang wajib bagi kita. Tidak ada manfaat sedikitpun jika ketika mendapat ujian seorang hamba itu mengeluh. Dan keluhan ini hanya menambah berat musibah yang di rasa. 

Siapa yang ketika lapangnya ia bersyukur, dan ketika sempitnya ia bersabar, maka ia telah menjadi seorang muslim yang bahagia, yang dalam hidup nya penuh kebaikan. 

Maka dalam kehidupan dunia ini, bukan masalah apa yang sudah kita capai dari berbagai macam prestasi dunia, berupa harrta tahta atau selainnya. Namun bagaimana ia mampu tetap menjaga diri nya dalam batas - batas syariat. 

Sehingga dalam keadaan lapang ia mendapat kebaikan dari karunia yang telah Allah berikan padanya. Dan dalam keadaan sempit dapat menambah pundi - pundi kebaikan bagi nya kelak di akhirat.


0 komentar: