Model Gamis Syar’i Atau Gamis Modis?

Model gamis syar'i gamis modis
Model gamis syar’i atau model gamis modis yang anda pilih? Mungkin ini layak kita tanyakan kepada kaum muslimah di saat ini. Karena betapa banyak dari saudari saudari kita muslimah yang ketika memilih busana untuk dikenakan sehari-hari khususnya saat beraktifitas diluar rumah patokan utamanya adalah modis atau tidak, lagi tren atau tidak, cantik atau tidak. Sampai-sampai kita lihat betapa banyak saudari kita ini lupa diri terhadap aturan Islam yang ternyata jika kita lihat ternyata Syariat Islam ini memuliakan muslimah.

Mungkin sebagian muslimah disekitar kita telah sadar akan larangan membuka aurat, telah mampu untuk menghindar dari perilaku pamer aurat, pamer paha, pamer tubuh dengan tidak mengenakan busana yang wajar dan pantas. Namun setelah kita menyadari hal itu, hendaknya kita memahami secar keseluruhan, sampai dimana batas-batas aturan Syariat Islam ini mengatur kita dalam menutup aurat. Apakah hanya sekadar menutupi seluruh tubuh saja ataukah ada syarat yang lain.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui syarat-syarat berbusana muslimah yang benar yang sesuai dengan aturan Islam yang telah dijelaskan dan ditulis di buku-buku para Ulama. Diantara referesni simpel yang dapat anda jadikan sebagai gambaran bagaimana syarat-sayarat berbusana muslimah yang syar’i, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Syarat-Syarat Busana Muslimah Syar’i ini.

Setelah mengetahui beberapa syarat penting dalam berbusana muslimah, maka kini kita dapat menjawab, mana pilihan gamis bagi kita, apakah gamis yang benar syar’i atau model gamis yang modis dan trendi dan cantik.

Atau mungkin masih ada anggapan kalau gitu kita pilih model gamis yang syar’i tetapi modelnya tetap modis dan tidak ketinggalan zaman aja. Karena dari pada memilih salah satu apakah memilih model gamis syar’i atauah gamis modis maka lebih baik menggabungkan kedua keriteria ini yaitu modelnya syar’i dan tetap modis.

Mungkin ini yang terjadi sekarang ini. Betapa banyak kita lihat model-model gamis dengan embel-embel gamis syar’i yang tetap modis, trendi dan cantik. Padahal jika ukuran itu bukan di dasarkan pada nafsu dan keinginan kita terhadap dunia, maka tentu yang kita dapati ini tidaklah sesuai dengan syarat berbusana syar’i walaupun labelnya syar’i.

Disni banyak kaum muslimah yang terjebak dengan slogan slogan model syar’i dan modis ini. Hingga akhirnya ketika ia memakai gamis dengan model yang aslinya cukup di labeli modis saja ini bukan lah ia menutup aurat, menutupi perhiasannya, namun pada hakikatnya ia berhias dan menampakkan dan bahkan mempercantik dirinya didepan umum. Tentu ini bukanlah yang diinginkan di dalam Syariat kita. Karena ternyata yang seperti ini juga fitnahnya tidak kalah besar dari seorang wanita yang membuka aurat.


Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah mari kita bersama belajar lagi mengenai agama yang haq ini. Mungkin kalau hanya membaca, yang mungkin kita baca itu tulisan yang ada kepentingan terhadap pemasaran sebuah produk, kita belum mehami hakikat aturan Islam bagaimana seorang muslimah menutup aurat. Maka yang hendaknya kita kerjakan sekarang adalah belajar langsung duduk di majlis Ilmu yang di dalamnya diajarkan al-qur’an dan Sunnah shahihah dengan pemahaman yang benar. Dengan kita belajar dan menutut Ilmu, insyaa Allah pelan pelan kita tahan dan tundukkan nafsu kita untuk taat terhadap syariat Islam baik secara dzohir maupun batin. Juga dengan menuntut Ilmu kita akan bertemu dengan orang-orang yang shalih dan sholihan yang siap mengajak kita kepada jalan Jannah. Amiin. 


0 komentar: