Tujuh Manfaat Doa

Oleh Ustadz Muhammad Abduh Tausikal

Saudaraku, Doa itu memiliki banyak sekali fadhilah atau keutamaan. Berikut beberapa diantaranya :

Pertama : Doa adalah Ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa adalah Ibadah” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad. Shahih).

Kedua : Doa adalah sebab untuk mencegah bala bencana.

Ketiga : Doa itu amat bermanfaat dengan izin Allah. Manfaat doa ada dalam tiga keadaan sebagai mana yang disebutkan dalam hadits-hadits berikut, “Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal : [1] Allah akan segera mengabulkan doanya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak,dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.Para sahabat lantas mengatakan, “kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa – doa kalian.” (HR. Ahmad, sanadnya jayyid).

Keempat : Doa adalah sebab kuat dan semakin mendapatkan pertolongan menghadapi musuh.

Kelima : Doa merupakan bukti benarnya iman dan pengenalan seseorang pada Allah baik dalam rububiyah, uluhiyah maupun nama dan sifat-sifatnya. Doa seorang manusia kepada Rabb nya menunjukkan bahwa ia yakini Allah itu ada dan Allah itu Maha Ghoni (Maha Mencukupi), Maha Melihat, Maha Mulia, Maha Pengasih, Maha Mampu, Rabb yang berhak diibadahi semata tidak pada selainnya.

Keenam : Doa menunjukkan bukti benarnya tawakkal seseorang kepada Allah ta’ala. Karena seorang yang berdoa ketika berdoa, ia berarti meminta tolong kepada Allah. Ia pun berarti menyerahkan urusannya kepada Allah semata tidak pada selainnya.

Ketujuh : Doa adalah sebagai peredam murka Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi, Hasan).

Sumber : Majalah Pengusaha Muslim Edisi 13 Volume 2 Tahun 2011

0 komentar: