Fenomena Hari Jumat

Hari Jumat
Hari Jumat
Hari jumat bagi umat Islam merupakan sebuah hari yang penuh keutamaan dalam satu pekannya. Hari jumat ini adalah hari yang penuh berkah, banyak hal hal kebaikan di hari ini. Banyak keutamaan yang dapat di raih pada hari ini. Banyak yang yang mulai terjadi di hari jumat ini.

Namun ada fenomena yang aneh di negeri kita yang kebanyakan penduduknya muslim ini. Di hari hari yang penuh berkah dan keutaamaan yaitu hari jumat ini. Malah justru image yang berkembang di masyarakat berbenading terbalik dengan kenyataan dalam Agama / Syariat Islam. 

Dimana setiap kali masuk ke hari jumat, malam jumat, maka yang di kesankan pada hari ini adalah kesan yang horor, mistis, serem, dan sejenisnya. Sehingga ada sebagian orang yang kekurangan dalam hal keyakinan dalam agamanya melakukan ritual ritual yang bertentangan dengan syariat di hari yang penuh keutamaan ini. 

Sampaipun anak kecil anak kecil di sekitar kita, ketika memasuki hari Jumat, atau malam jumat maka yang ada dalam benak mereka adalah sebuah malam yang menyeramkan. Dimana berbagai macam gangguan hatu, jin, setan atau sejenisnya berkeliaran di malam malam ini. 

Tidak asing di telinga kita istilah malam Jumat Kliwon. Ini adalah sebuah penggambungan nama hari yaitu hari jumat yang bergabung dengan penamaan hari jawa yaitu Kliwon. Di malam hari yang bertepatan dengan Jumat Kliwon ini kesan yang akan tampak adalah kesan horor, ngeri, serem dan mistis. 

Hingga kita lihat acara-acara di televisi televisi di rumah rumah kita sampai sampai membuat acara acara horor di malam ini. radio radio di sekitar kita menyiarkan acara acara mistis, supranatural untuk menambah kesan horor nya malam jumat. 

Akhirnya, kita liat banyak orang yang meninggalkan hal hal yang di syariatkan di hari yang mulia ini. Bahkan tidak jarang diantara kita yang tidak mengetahui keutamaan hari Jumat ini kecuali hanya yang di kenal horornya saja. 

Sungguh ini adalah fenomena yang bersebarangan dengan agama Islam yang dianaut oleh kbanyakan warna negara kita ini. 

Padahal, seandinya kita kembalikan semua urusan kita ini kapada agama yang lurus (Islam) ini, maka niscaya akidah akidah kita akan lebih terjaga. Akidah akidah anak anak kita tidak akan tercoreng oleh budaya dan kebiasaan yang tidak bersesuaian dengan agama ini. 

Maka mari kita perbaiki mindset kita tentang hari jumat ini sekarang juga. Jangan biarkan budaya dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan ajaran agama yang lurus ini terus berkembang dan bercongkol di pola pemikiran anak anak muslim kita. Hingga sedikit demi sedikit akan menggerogoti akidah dan keimanan kita. 

Tinggalkan pemahaman pemahaman yang dapat merusak akidah ini. Mari kembali kepada pemahaman agama yang murni yang jauh dari bumbu bumbu mistik dan klenik. 

Hal ini dapat di capai dengan kita terus belajar agama, terus menimba Ilmu, khususnya ilmi yang berkitan dengan akidah dan Tauhid. Karena inilah yang dapat menjadi bekal bagi kita selamat kelak di akhirat. 

Catatan Hari Jumat AMW

0 komentar: