Boikot Produk Riba

Boikot Riba
Boikot Riba

Belakangan beredar info ajakan pemboikotan produk - produk yahudi, dengan berbagai macam jenis produk dan merk nya. 

Hal ini berawal dari kedzoliman yang di lakukan oleh orang yahudi di negara israel terhadap kaum muslimin di palestin. 

Ini adalah niat yang baik. Namun jangan sampai dengan hal ini semua seseorang terjatuh dalam perbuatan mengharaman apa yang di halalkan Allah ta'ala. 

Karena hukum asal jual beli adalah halal. Dan menjadi haram ketika ada dalil yang jelas mengharamkan jual beli tersebut. Entah dari sisi proses jual belinya yang mungkin mengandung riba, ghoror, atau penipuan. Ataupun dari sisi produk nya yang memang haram secara dzat nya. 

Ketika kita melihat pemboikotan yang banyak terjadi dan ramai serta santer di dengung dengunkan, ternyata tidak semua produk yang di boikot di larang di konsumsi di beli adalah asalnya produk yang mubah. Bahkan tidak ada unsur haram dalam dzat atau jual belinya. 

Namun di sisi lain betapa menjamur produk -produk ribawi di sekitar kita. Banyak dari kita yang cuek bebek terhadapnya. Seolah - olah produk - produk riba tersebut bukanlah hal yang haram dan di larang dalam Islam. Sehingga banyak dari kaum muslimin yang memakai produk tersebut. 

Padahal Riba dalam segala macam bentuk dan namanya adalah produk yang HARAM. Dilarang seorang muslim untuk mengambil riba, walaupun sedikit. Banyak ayat, banyak hadits larangan riba. 

Sampaipun balasan bagi pelaku riba, dosa bagi pelaku riba pun sudah di jelaskan di dalam syariat ini dengan gamblang, yang bisa kita baca di al-Quran secara langsung, atau buku - buku ulama atau ustadz yang membahas mengenai riba. Salah satu contoh buku yang di dalamnya di bahas msalah riba yang dapat menjadi pilihan yaitu buku Harta Haram Muamalat Kontemporer yang di tulis oleh Ustadz Erwandi Tarmidzi hafidhzohullah.

Dengan kejelasan haram nya Riba ini, ternyata tidak serta merta membuat kaum muslimin bangkit untuk menyerukan boikot produk riba. Bahkan sebagiannya malah justru membela dengan berbagai macam pembelaan terhadap produk riba ini. Seolah -olah manusia tidak bisa hidup kecuali dengan riba, waliyyadzubillah. 

Maka jika kita bicara boikot memboikot, tentu produk Riba yang telah di Haram kan Allah ini lebih layak untuk kita serukan pemboikotan terhadapnya. Karena memang sudah jelas riba haram dan seorang muslim hendaknya menjauhinya. 

0 komentar: