Berjilbab Agar Cantik?


Berjilbab Agar Cantik
Cantik, adalah sebuah sifat yang banyak dikejar oleh banyak wanita dengan berbagai macam cara. Baik dengan cara-cara berhias, mengikuti fasion yang sedang populer, mengenakan pakaian mahal, ataupun mengenakan pakaian yang pada dasarnya adalah anjuran syariat, seperti mengenakan aksesoris jilbab misalnya.

Makanya, di zaman kita saat ini kita banyak temukan tutorial jilbab, cara memakai jilbab, dan model jilbab wanita muslimah dengan berbagai macam variasi dan hiasan serta warna-warninya. Sampai-sampai ada juga dari model jilbab dengan entah bagaimana cara pakainya menyerupai rambut. Dan inilah mode yang saat ini cukup banyak digandrungi oleh wanita muslimah di masyarakat kita.

Banyak saat ini dari wanita muslimah yang tertarik mengenakan jilbab agar terlihat cantik di mata manusia. Ia berdandan dan berhias sedemikian rupa, dengan pernak-pernik hiasan dari jilbab hingga busana gamisnya untuk mendapatkan predikat cantik dengan berbusana muslimah dan jilbabnya.

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah tujuan berjilbab adalah agar terlihat cantik? Atau, apakah dibenarkan, mengajak wanita untuk mengenakan jilbab agar terlihat lebih cantik dibandingkan tidak memakai jilbab di pandangan manusia?

Nah, terkadang kita terkecoh dengan hal-hal yang mungkin secara naluri kita menyukainya. Karena siapa sih yang tidak suka cantik? Namun hendaknya kesukaan terhadap sesuatu ini haruslah sesuai pada tempatnya.

Maka sekarang kita lihat pada sumber sebab pensyariatan berjilbab bagi wanita muslimah. Jilbab ini di syariatkan untuk menutupi perhiasan wanita muslimah. Jadi jilbab fungsinya adalah penutup, karena dalam hadits yang shohih dijelaskan bahwasannya syaiton itu selalu mengiringi setiap wanita yang keluar rumah dan menghias-hiasinya agar terjadinya fitnah. Maka hiasan wanita muslimah ini harus ditutupi dengan berjilbab yang syar’i.

Dan tidak dapat diputar balikkan malah justru berjilbab untuk mempercantik penampilan wanita. Ini adalah keluar dari tujuan pensyariatan jilbab dimana tujuannya adalah untuk menutupi perhiasannya. 

Jilbab juga merupakan tamen bagi muslimah. Maka ketika jilbab ini tidak menjadi penutup, maka bukanlah tameng perlindungan dari fitnah dan kejahatan yang mungkin terjadi pada dirinya, namun malah sebaliknya bisa menjadi sebab fitnah yang menyebar dan kejahatan akibat wanita berdandan dan berhias di tempat umum dimana banyak laki-laki non mahrom di dalamnya.

Dan berjilbab dengan tujuan berhias, agar terlihat cantik dimata manusia ini dapat masuk dalam kategori tabarruj yang dilarang dalam Islam. Tabarruj adalah segala macam usaha seorang wanita untuk menampakkan kecantikannya, mempercantik penampilan di tempat umum yang terlihat oleh laki-laki non mahromnya. Secara syar’i pengertian tabarruj dapat di cek disini.

Maka hendaknya bagi setiap wanita muslimah, luruskan niat ketika ingin berjilbab atau mengajar saudarimu berjibab. Karena jilbab ini adalah syariat Allah subhanahu wa ta’ala maka hendaknya dalam mengenakan model jilbabnyapun harus mematuhi apa yang menjadi syarat dan tujuan berjilbab dalam Islam.

Tinggalkan berbagai macam tutorial-tutorial atau cara pakai jilbab yang tidak syar’i. Dimana kebanyakan dari model jilbab ini tidaklah menutup kecuali hanya sedikit saja. Dan justru dalam hal ini jilbab menjadi aksesoris perhiasan wanita muslimah untuk mempercantik dirinya.

Jangan biarkan kecantikanmu dinikmati orang banyak Karena bahwasannya wanita di dalam Islam itu telah dimuliakan dengan berjilbab. Maka jangan tinggallkan kemulian seorang muslimah ini dengan mengumbar aurot di tempat umum.

Kalaupun engkau ukhti muslimah ingin terlihat cantik, maka tempatkanlah itu pada tempatnya. Ingatlah bahwasannya berdandan dan mempercantik diri itu bisa menjadi haram dan bisa menjadi Ibadah. Ketika engkau berhias dan mempercantik diri di tempat umum di depan non mahrom maka ini adalah perbuatan yang diharamkan, sedangkan jika engkau berhias dan mempercantik diri didepan suami ini adalah Ibadah. Maka inilah tempat terbaik untuk berhias, yaitu berhias untuk suami.

Hendaknya setiap wanita muslimah mempercantik dirinya bukan hanya pada segi fisiknya. Namun mari percantik diri – diri kita dengan akhlak yang mulia. Mari mempercantik diri dengan pakaian taqwa, dan tunduk kepada syariat Allah. Wallahu a’alam.

Kontak kami melalui,
* SMS / Telp / WA 08170414024
* SMS / Telp 085720833878
* Pin BB 7CC88450 
Fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM

0 komentar: