Berbekal Ilmu Menyambut Ramadhan

berbekal ilmu menyambut bulan ramadhan
Diantara hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menyambut bulan ramadhan yang insya Allah sebentar lagi kita akan memasukinya adalah bekal ilmu. Karena di bulan yang sangat banyak keutamaan, bulan yang setiap amalan akan dilipatgandakan, bulan yang dapat melatih diri dalam mensucikan hati, mentarbiyah diri, ini hal yang pertama yang harus ada adalah ilmu.

Tentu ilmu disini bukanlah yang kami maksut adalah ilmu dunia. Namun bekal ibadah di bulan ramdahan yang sangat penting adalah ilmu. Yaitu mengilmui apa-apa saja yang merupakan kewajiban kita, apa – apa yang merupakan keutamaan atau amalan sunnah, apa – apa yang dapat membatalkan amal Ibadan kita, baik secara umum maupun khusus yaitu shaum.

Mengapa begitu pentingnya ilmu ini untuk bekal kita memasuki bulan ramadhan? Hal ini menjadi penting karena bahwasannya dasar dari segala macam amalan shalih, amalan yang diterima Allah haruslah berdasarkan pada Ilmu. Ilmu disini adalah semua yang sumbernya berasal dari Kalamullah dan Sunnah Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih dan tentunya dengan pemahaman yang benar.

Begitu pentingnya berilmu sebelum beramal ini juga dapat menyelamatkan kita dari kerugian. Kerugian ini bukanlah masalah harta atau dunia, namun kerugian dalam masalah amalan atau pahala yang mungkin bisa didapat oleh seorang muslim saat melakukan ibadah shaum.

Misalnya ketika bepuasa kita tidak mengetahui amalan-amalan sunnah apa saja yang dapat dilakukan, tidak mengetahui keutamaan-keutamaan, tidak mengetahui doa-doa yang disyariatkan, maka niscaya kita akan merugi, minimalnya kita tidak bisa mendapatkan pahala yang banyak di bulan yang penuh barokah ini, dan minimalnya adalah puasa / shaum kita rusak, dimana kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya lapas dan haus saja.

Like fanpage kami di Rumah Belanja Muslim    
Akun Facebook kami di Rumah Belanja Whyluth  


0 komentar: