Fenomena Batu Akik

Fenomena Batu Akik
Belakangan ini kita lihat terjadi sebuah fenomena batu akik. Betapa tidak, karena sangat populer dan trendnya batu akik ini, hampir ditiap-tiap sudut kota kita dapati para penjual batu akik lengkap dengan peralatannya banyak dikerumuni manusia, khususnya kaum laki-laki baik tua maupun muda. Mereka bermai-ramai melihat, memilih dan membeli berbagai macam jenis dan macam batu akiknya.

Jika di zaman dahulu, kita mengenal batu akik, batu ali atau berbagai macam sebutan lainnya adalah sebuah batu yang sangat identik dengan perdukunan, mistik, yang sering dipakai oleh orang-orang tua namun saat ini citra batu akik ini telah berubah. Saat ini banyak dari kalangan muda pun ramai-ramai mencari, membeli, dan memakai barbagai macam batu akik ini dengan alsan estetika.

Dengan booming dan ngetrennya batu akik ini, tidak jarang orang yang rela membayar mahal untuk mendapatkan akik ini. Entah alasan rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli akik ini murni karena estetika atau hobi atau ada unsur lainnya. Karena tidak dipungkiri jika kita lihat pencarian artikel di internet khususnya di mesin pencarian goole cukup banyak pencarian dengan kata kunci manfaat akik, khasiat akik atau sejenisnya. Yang jika kita serch langsung juga kita dapati berbagai macam artikel yang menjelaskan manfaat dan khasiat memakai batu akik dengan jenis ini dan itu.

Seperti kita lihat manfaat dari memakai batu akik dapat menambah kebugaran, menambah kecantikan, menebar aura, melancarkan rizki, menjaga dari serangan musuh atau yang lainnya banyak kita dapati dari iklan-iklan penjual batu akik.

Tentu sebagai seorang muslim, hendaknya kita khawatir dengan hal ini. Karena salah-salah ketika kita membeli akik karena khasiat memakainya dapat membuat ini dan itu yang hal tersebut hanyalah murni hak Allah maka tentu ini dapat merusak akidah kita.  

Seperti kita ambil satu contoh saja, ada yang menulis, dengan memakai batu akik jenis a, maka dapat memberikan manfaat bagi pemakainya berupa memperlancar usaha dan pengelaris barang dagangan. Dan mungkin awalnya kita membelinya karena tertari dari bentuknya yang indah, kemudian karena dapat info ini dan itu dari manfaat memakai batu akik ini, akhirnya di hati kita ada keyakinan akan manfaat akik tersebut. Dan inilah yang tentu dilarang di dalam Islam.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, hak memberikan rizki, melapangkan rizki, menyempitkan rizki itu hanyalah milik Allah ta’ala. Tidak ada satu makhlukpun yang dapat menggantikan atau menyaingi hak Allah ini. Dan ini termasuk dalam akidah yang berkaitan dengan rububiyyah Allah ta’ala.

Mari kita renungkan firman Allah berikut ini,

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah lah yang memberi rizkinya” (QS. Huud : 6)

Allah ta’ala juga berfirman,

إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ

Sesungguhnya Rabbmu melapangkan rizki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya” (QS. Al Isra’ : 30)

Ketika kita meyakini ada makhluk lain yang dapat memberikan rizki, melapangkan dan menyempitkan rizki, maka ini seperti menyerupakan Allah dengan makhluknya dalam hal apa yang menjadi kekhususan bagi-Nya. Dan dapat berakibat pada terjatuhnya seorang muslim dalam kesyirikan.

Oleh karena itu, mari kita lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu. Jangan sampai karena terlena dengan fenomena batu akik ini kita dapat terjerumus dalam hal yang paling berbahaya bagi akidah kita. Walaupun pada asalnya memakai batu akik untuk cincin jika tidak dibarengi dengan keyakinan khusus terhadap manfaat dan mudhorot dari memakai batu akik yang hal tersebut hanyalah hak dan kekhususan bagi Allah adalah boleh. Wallahu a’alam.

Mari like fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM

0 komentar: