Subscribe:

Rabu, 10 Agustus 2016

Kapan Wanita Memakai Busana Syar’i?

Kapan Wanita Memakai Busana Syar’i
Kapan seorang wanita di syariatkan menutup auratnya dengan sempurna menggunakan busana yang syar’i? Belum di dapati batasan yang jelas baik dari al-Qur’an maupun sunnah yang menyatakan batasan usia kapan seorang wanita / anak perempuan itu wajib menutup auratnya secara sempurna sebagaimana wanita dewasa.

Namun tentu sebuah kebaikan itu akan menjadi melekat kepada seorang anak ketika hal tersebut sudah mulai di biasakan semenjak kecil. Sebagaimana dalam perkara sholat pada anak. Anak di suruh sholat sejak usia tujuh tahu dan boleh dipukul ketika sudah pada usia sepuluh tahun. Maka disini ada proses pembiasaan.

Dan hendaknya begitupula dalam permasalahan menutup aurat. Seorang anak di latih mengenakan busana yang menutup aurat, dilatih mengenakan jilbab semenjak kecil sehingga kelak setelah baligh setelah dewasa mereka akan terbiasa dan tidak kaget ketika mengenakan busana gamis syar’i yang serga tertutup.

Dan mungkin karena kurangnya pembisaan terhadap busana syar’i kita dapati seorang wanita yang sudah dewasa sekalipun masih sangat berat untuk memakainya. Bahkan berbagai macam alasan terlontar untuk menunda kebaikan ini.

Tidak heran kita juga mendapati bertapa banyak wanita yang justru menjadikan busana gamis yang tertutup ini sebagai olok-olokan, ejekan. Mungkin salah satu dari penyebab semua itu adalah karena kurangnya pembisaan memakai baju yang benar semenjak kecil sehingga ketika besar, ketika dewasa ia melihat syariat Islam ini menjadi asing dan sesuatu yang aneh.

Maka bagi setiap orang tua, siapa saja yang mengetahui sebuah kebaikan jangan biarkan hal tersebut terluput dari amalan kita. Sehingga kebaikan itu lewat dan kelak akan menjadi asing di pandangan generasi setelah kita.

Jangan sampai karena kelalaian kita terhadap agama ini, kemalasan kita terhadap amalan sholih membuat hal tersebut menjadi asing dan aneh bagi orang-orang setelah kita.

Mari kita menanam kebaikan pada diri anak-anak kita semenja dini, sehingga harapannya ketika kelak mereka dewasa, akan menjadi bekal amal sholeh yang tidak terputus. Amiin.