Syarat Kalimat Tauhid Laa Ilaha Illallah

Setelah mengenal apa makna dan rukun kalimat tauhid secara singkat pada postingan edisi sebelumnya pada artikel dengan judul Menjaga Kalimat Tauhid Yang Sebenarnya. Maka pada kesempatan ini sebagai tulisan lanjutan, mari kita mengenal secara singkat tujuh syarat kalimat laa ilaha illallah.

Apa saja syarat kalimat tauhid tersebut ? 

Berikut beberapa syarat yang hendaknya kita ketahui mengenai syarat kalimat tauhid laa ilaha illallah agar kita benar dalam bertauhid dan ini juga merupakan salah satu bentuk penjagaan kita terhadap tauhid. 

  • Al Ilmu (Mengilmui)
Syarat kalimat tauhid yang pertama yaitu mengilmui, yaitu kebalikan dari al jahl. Apa yang di ilmui ? Mengilmui apa makna kalimat tauhid, mengilmui penetapan sesembahan hanyalah bagi Allah ta'ala saja, tidak ada sekutu bagi-Nya dan mengkufuri sesembahan selain-Nya.   
Syarat Kalimat Tauhid - Al Ilmu
Syarat Kalimat Tauhid - Al Ilmu
  • Al Yaqin
Syarat tauhid kalimat laa ilaha illallah yang kedua yaitu al yakin / meyakini. Yaitu yakin secara tegas, tidak ada keraguan sedikitpun tentang kandungan dan konsekwensi kalimat tauhid laa ilaha illallah. 
Syarak Kalimat Tauhid - Al Yakin
Syarak Kalimat Tauhid - Al Yakin
  • Al Ikhlas
Kemudian syarat tauhid yang ketiga yaitu al ikhlas (ikhlas). Maknanya yaitu ikhlas memurnikan ibadah hanya untuk Allah saja, dan membersihkannya dari noda kesyirikan. Dan amalan ini murni tanpa ada paksaan, malu, riya atau selainnya. 
Syarat Kalimat Tauhid - Al Ikhlas
Syarat Kalimat Tauhid - Al Ikhlas
  • Ash Shidqu 
Ash shidqu (jujur) maknanya ia mengucapkan kalimat tauhid laa ilaha illallah dengan jujur sesuai antara hato dan lisannya.
Syarat Kalimat Taihid - Ash Shidqu
Syarat Kalimat Tauhid - Ash Shidqu
  • Al Mahabbah
Sedangkan untuk syarat kalimat laa ilaha illallah yang ke lima yaitu al mahabbah (cinta) maknanya yaitu orang yang mengucapkan kalimat tauhid laa ilaha illallag cinta nya dengan Allah, rasul-Nya, agama Islam 
Syarat Kalimat Tauhid - Al Mahabbah
Syarat Kalimat Tauhid - Al Mahabbah
  • Al Qobul 
Menerima "Kalimat Tauhid" dengan tidak menolak ataupun sombong kepadanya. Allah bercerita tentang sikap kaum musyrikin terhadap kalimat tauhid, 

"Sesungguhnya mereka dahulu apabila di katakan Laa Ilaha Illallah menombongkan diri"
Syarat Kalimat Tauhid - Al Qabul
Syarat Kalimat Tauhid - Al Qabul

  • Al Inqiyadu 
Dan yang ketujuh diantara syarat kalimat tauhid yaitu al inqiyadu / patuh. Maknanya patuh dan pasrah kepada hukum dan aturan Allah ta'ala, mentaati Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam dan menjalankan syariat-Nya. 
Syarat Kalimat Tauhid - Al Inqiyad
Syarat Kalimat Tauhid - Al Inqiyad
Demikian secara singkat mengenai syarat - syarat kalimat tauhid laa ilaha illallah yang harus kita ketahui. Semoga apa yang kita pelajari dari ilmu - ilmu agama dapat menjadi buah amalan sholeh yang di terima di sisi Allah ta'ala dan dapat menjadi bekal kita kelak ktika menghadapi kehidupan akhirat. Aamiiin. 

Abu Mumtazah 
www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com

0 komentar: