Mengenal Islam - Makna Islam

Mengenal Islam - Makna Islam
Mengenal Islam - Makna Islam
Di negeri kita Indonesia saat ini, mayoritas penduduknya adalah seorang muslim. Namun terkadang kita lihat seorang muslim yang belum mengenal apa itu Islam, apa makna Islam. Maka mungkin penting bagi kita untuk sedikit murojaah mengulang lagi secara singkat, apa sih makna Islam itu. Baik makna Islam secara bahasa, secara istilah, makna Islam yang umum dan makna Islam yang khusus.

Berikut kami sampaikan beberapa definisi dari makna Islam yang kami sebutkan diatas dalam bentuk gambar / poster dengan tulisan yang singkat sebagai rigkasan pembahasan. 

Makna Islam Secara Bahasa

Makna Islam Secara Bahasa
Makna Islam Secara Bahasa

Makna Islam Secara Istilah

Makna Islam Secara Istilah
Makna Islam Secara Istilah

Makna Islam Dengan Maknanya Yang Umum

Makna Islam Secara Umum
Makna Islam Secara Umum

Islam dalam maknanya yang umum adalah beribadah kepada Allah sesuai dengan yang di syariatkan, sejak Allah mengutuspada Rasul-Nya hingga terjadi hari kiamat.

Allah ta'ala berfirman,

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ 

“Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Baqarah : 128)

Makna Islam Dengan Maknanya Yang Khusus

Makna Islam Yang KHUSUS
Makna Islam Yang KHUSUS
Islam dengan maknanya yang Khusus yaitu setelah di utusnya Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, di khusukan bagi (agama) yang dengannya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam di utus.

Karena risalah yang dengannya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diutus menghapus semua agama terdahulu.

Orang yang mengikutinya menjadi Muslim dan yang mengingkarinya bukan Muslim. Semua pengikut para Rasul adalah Muslim di zaman para Rasul mereka, orang Yahudi adalah Muslimin di zaman Nabi Musa 'alaihisslam, orang - orang Nashrani adalah Muslimin di zaman Nabi Isa 'alaihissalam, adapun ketika di utusnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian mereka mengingkarinya maka mereka bukanlah kaum Muslimin.

Allah ta'ala berfirman,

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

“Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19)

Semoga Bermanfaat

Admin 
www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com

0 komentar: