Tidak Mengapa Tidak Pakai Jilbab Yang Penting Hatinya

Tidak Mengapa Tidak Berjilbab Yang Penting Hatinya
Tidak Mengapa Tidak Berjilbab Yang Penting Hatinya
Hati - hati dengan perkataan sebagian orang yang punya anggapan gak berjilbab gak papa penting hatinya. 
Keyakinan seperti ini bisa menjadi keyakinan yang berbahaya. Karena bisa masuk dalam keyakinan salah satu sekte sesat murjiah. 
Kok bisa ? Iya bisa. 
Karena Ahlussunnah Wal Jamaah meyakini bahwasannya Iman itu adalah Ucapan dan Amalan. Ucapan ada dua, ucapan hati dan ucapan lisan. Dan amalan ada tiga, amalan hati, amalan lisan dan amalan anggota badan. 
Dan ahlussunnah meyakini bahwasannya Iman itu bisa bertambah dan berkurang. Bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Ini adalah keyakinan pokok Ahlussunnah Wal Jamaah berkaitan dengan iman.
Berbeda dengan keyakinan murjiah. Murjiah mengakhirkan amal dari hal iman. Mereka berkata : “Suatu dosa tidak berbahaya selama ada iman, sebagaimana suatu ketaatan tidak berguna selama ada kekafiran.” Menurut mereka amal tidaklah termasuk dalam kriteria iman, serta iman tidak bertambah dan tidak pula berkurang. (Al-Mihal Wan Nihal dalam catatan kaki kitab Al Wajiz Fii Aqidatis Salafish Shalih Ahlussunnah Wal Jamaah, edisi terjemah)
Dan memakai jilbab, menutup aurat adalah salah satu bentuk amalan ketatan yang di lakukan oleh anggota tubuh seorang hamba. 
Siapa yang menganggap amalan ketaatan tidak ada manfaatnya terhadap keimanan seseorang dan berkeyakinan yang penting hatinya saja. 
Maka ini sangat mirip dengan keyakinan murjiah. Yang menggap iman itu hanya apa yang ada di dalam hati. Ia tidak berubah selama ada iman, walaupun tidak berbuat ketaatan, walaupun berbuat maksiat. Iman itu tetap. Sehingga orang bisa di katakan beriman walaupun ia enggan beramal ketaatan, dalam hal ini memakai jilbab untuk menutupi auratnya. Yang ini adalah perintah Allah ta’ala. Wallahu a’lam. 
Semoga Allah ta’ala selalu memberikan hidayah kepada kita semua, untuk terus mencari ilmu syari dan mengamalkannya. Aamiiiin. 
Semoga bermanfaat, silahkan di share … 

Admin Abaya Kaffah 

0 komentar: