Baju Muslim

baju muslim pria
baju muslim pria
Istilah baju muslim jika kita lihat dari kebanyakan yang memakainya jika itu untuk pria maka identiknya dengan baju model koko, sedangkan untuk wanita biasanya identic dengan dress atau gamis dan bgitu pula untuk anak-anakpun baju muslim ini menyesuaikan jenis kelamin sebagaimana orang dewasa.

Namun sebagaimana namanya, baju muslim ini hendaknya benar-benar layak dikenakan oleh setiap muslim. Karena di dalam Islam telah diatur batasan-batasan bagaimana setiap muslim mengenakan bajunya, batasan apa-apa yang tidak boleh dipakai, dan apa-apa yang tidak boleh terdapat pada baju setiap muslim.

Misalnya seperti masalah keindahan, maka Allah memiliki salah satu nama yang maha Indah yaitu al Jamil, dimana Allah yang maha Indah ini tidaklah menyukai kecuali apa-apa yang Indah pula. Dan keindahan disini haruslah dirinci lebih lengkap lagi, apakah keindahan ini dapat diberlakukan secara umum ataukah tidak. Kalau keindahan dalam berpakaiannya seorang laki-laki maka itu adalah disunnahkan, sedangkan untuk wanita muslimah karena terdapat larangan-larangan tabarruj misalnya, da nada syarat-syarat tersendiri dalam aturan baju muslim wanita, maka ini tidaklah berlaku ketika di luar rumah dimana ia (seorang wanita itu) terlihat oleh laki-laki non mahromnya.

Dalam memakai baju muslim ini juga hendaknya memperhatikan adab-adab dalam memakainya, baik dari cara memakainya misalnya di mulai dari kanan, berdoa, dari model bajunya yang harus menutupi aurat masing-masing muslim, sampai pada larangan-larangan unsur-unsur gambar makhluk bernyawa pada baju seorang muslim, ataupun gambar salib. Dan adab-adab ini sangat penting diketahui oleh setiap muslim dalam mengenakan pakaiannya sehari-hari. Insya Allah pada kesempatan yang lain, kami akan paparkan secara ringkas beberapa adab dalam memakai baju bagi setiap muslim, baik pria maupun wanita.

Lalu pertanyaannya, apakah semua baju yang saat ini dilabeli dengan baju muslim itu sudah layak baik dari segi model atau jenisnya untuk dikenakan oleh setiap muslim? Untuk mengukurnya diperlukan pengetahuan / ilmu mengenai syarat-sayarat berbaju muslim bagi pria dan wanita. Karena ternyata jika kita lihat dari berbagai model baju muslim yang dijual di pasaran saat ini, masih banyak diantaranya yang kurang layak dikenakan oleh muslim, karena masih ternyata masih terdapat di dalamnya larangan-larangan dalam syariat Islam.

Kita ambil contoh misalnya baju muslim untuk wanita saat ini, kita akan menemukan bahwasannya baju muslim yang banyak dijual dipasaran masih kurang memenuhi syarat – syarat yang sesuai dengan syarat baju muslim untuk wanita. Seperti baju muslim wanita harus tebal / tidak transparan, longgar tidak ketat / membentuk lekuk tubuh, tidak boleh terdapat hiasan yang dapat menimbulkan perbuatan tabarruj, harus memakai jilbab yang panjang dan lain sebagainya. Ternyata ini masih banyak dilanggar syarat-syaratnya dari kebanyakan baju muslim untuk wanita yang ada.

Baju muslim untuk pria pun seperti itu. Walaupun untuk syarat-syarat baju muslim yang dapat dikenakan oleh pria ini tidak sebanyak syarat baju muslim pada wanita, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya dan banyak yang dilanggar. Walaupun sebenarnya model baju muslim untuk pria ini tidak melulu harus baju koko, tapi hendaknya syarat-syaratnya terpenuhi, seperti tidak boleh ketat / membentuk tubuh yang memungkinkan terlihatnya aurat seorang pria, model bajunya harus panjang yang dapat menutupi tubuh pria yang diperkirakan saat beraktifitas tidak terlihat auratnya karena terbuka, tertarik atau selainnya, tidak boleh mengandung gambar makhluk hidup, gambar salib, bukan pakaian ketenaran, bukan baju ciri khas orang kafir dan lain-lain. Dan syarat-syarat ini harus lebih diperhatikan ketimbang menimbangnya dengan jenis dan model baju muslimnya.

Maka dalam mengenakan baju bagi setiap muslim hendaknya diperhatikan syarat-syarat dan larangan-larangan di dalamnya, yaitu apa – apa saja yang harus dipenuhi dan apa-apa saja yang harus dihindari.
baju muslim wanita
baju muslim wanita

Dalam rangka memenuhi kebutuhan baju muslim baik untuk pria maupun wanita yang layak dipakai oleh setiap muslim (artinya syar’i), kami menyediakan khusus untuk anda yang perhatian terhadap baju kesehariannya. Bagi anda yang ingin berbaju muslim indah namun tidak melanggar syariat, maka mari cek produk baju muslim yang kami jual. Insya Allah pilihan model baju muslim di Rumah Belanja Muslim adalah baju muslim yang juga sudah dipertimbangkan dari syarat-syarat yang syar’i.

Cek info produk dengan hubungi CP berikut,

* WA / SMS 08170414024
* PIN BB 7CC88450

Cek update produk kami melalui,
Like Fanpage FB di  Rumah Belanja Muslim 
Akun FB di Rumah Belanja Whyluth 

0 komentar: