Subscribe:

Sabtu, 30 Juni 2018

Menuntut Ilmu Agama

Menutut Ilmu Agama
Menutut Ilmu Agama
Wajib Bagi kita memperlajari Ilmu (Agama

Apa itu ilmu ? Ilmu yaitu mengetahui secara pasti terhadap sesuatu sesuai dengan hakikatnya.
Ilmu yang di maksut adalah Ilmu Agama, yaitu Ilmu tentang Mengenal Allah, Mengenal Nabi-Nya, Mengenal Agama Islam dengan dalil - dalil.

  • Mengenal Allah 
Mengenal Allah yaitu mengenal dengan Hati, yang berkonsekuensi menerima apa yang di Syariatkan-Nya, patuh dan tunduk pada-Nya, menentukan putusan dengan syariat yang di bawa Rasul-Nya.

Mengenal Allah ini bisa di lakukan dengan dua cara. Yaitu dengan merenungkan ayat-ayat Syariyyah yang terkandung di dalam Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam. Juga dengan merenungkan ayat - ayat Kauniyah yaitu melihat dan merenungi kebesaran Allah ta'ala melalui makhluk ciptaan-Nya di jagad raya ini.
 
  • Mengenal Nabi-Nya 
Mengenal Nabi-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam yang berkonsekuensi menerima apa yang di bawanya berupa petunjuk dan agama yang benar, mempercayai apa yang di beritakannya, mematuhi apa yang di perintahnya, menjauhi apa yang beliau larang, memutuskan perkara dengan syariatnya, dan ridho terhadap putusannya.
 
  • Mengenal Agama Islam 
Mengenal Agama Islam yaitu mengetahui makna Islam secara umum dan secara khusus. Makna Islam secara umum yaitu beribadah kepada Allah sesuai dengan yang di syariatkan, sejak Allah mengutus para Rasul-Nya hingga terjadi hari kiamat. Berarti semua agama yang di bawa Rasul-Rasul Allah sejak yang pertama sampai terkahirnya adalah agama Islam.

Sedangkan Islam dalam maknanya yang khusus yaitu setelah di utusnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, di khususkan bagi (agama) yang dengannya Nabi Muhammad di utus, yang risalah yang dengannya Nabi Muhammad di utus ini menghapus semua agama terdahulu.

Maka segenap pengikut para Rasul adalah Muslim di zaman Rasul mereka, adapun setelah di utusnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian mereka mengingkarinya / tidak beriman kepadanya, maka mereka tidak di sebut sebagai kaum Muslimin.

  • Dalil
Sedangkan mengetahui nya dengan dalil - dalil yaitu dalil secara sam'iyah dan aqliyah. Sam'iyah adalah apa yang berdasarkan wahyu al Quran dan Sunnah, sedangkan Aqliyah adalah apa yang berdasarkan penelitian dan renungan.

Wallahu a'lam.

Syarhu Tsalatsatil Ushul

Admin | www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Co.Id