Cara Cek Ongkir JNE


Belanja online, tentu tidak akan terlapas dari biaya ongkos kirim atau yang bisa di singkat ongkir. Terkadang ongkos kirim ini di tanggung penjual dan ada juga yang ongkirnya dari pelanggan. Dan ketentuan mengenai ongkir ini kembali lagi kepada patokan harga jual barang. 
 
Kita dapati terkadang ketika akan melakukan belanja online, pertama kali yang menjadi pertimbangan kita adalah ongkos kirim barang. Khususnya ini terjadi bagi kita yang tinggal jauh dari toko online yang barangnya akan kita beli.

Untuk mempermudah proses transaksi jual beli ini maka ada baiknya kami sampaikan tips bagaimana cara cek ongkos kirim (ongkir) sendiri. Dengan kita dapat melakukan cek ognkir kita sendiri, maka akan lebih membuat kita leluasa menentukan tempat kita belanja online.

Pada artikel tips melakukan cek ongkir sendiri kali ini, akan kami berikan sedikit tutorial cek ongkir menggunakan salah satu ekspedisi pengiriman barang yang sangat banyak digunakan pelaku bisnis online baik dikota bahkan sampai ke daerah-daerah seperti kami. Jasa pengiriman yang kami maksut adalah JNE.

Sebelum kita melakukan cek ongkos kirim (ongkir) sendiri yaitu dengan bantuan web jasa pengiriman barang yang bersangkutan (JNE) maka yang pertama kali kita harus ketahui adalah alamat lengkap kota asal pengiriman dan kota tujuan pengiriman. Alamat lengkap ini minimal yang harus kita ketahui adalah sampai pada tingkat kecamatan dan kabupaten / kotanya.

Misalkan kita telah mengetahui alamat toko online kami yaitu Rumah Belanja Muslim beralamat di kabupaten Cianjur dengan kecamatan asal pengiriman adalah kecamatan Cianjur dan alamat pembeli / pelanggan yang akan melakukan order barang berada di kecamatan depok kabupaten Sleman Yogyakarta. Maka untuk melakukan cek ongkirnya kita langsung mengunjungi halaman web jasa pengiriman barang yang akan kita gunakan yaitu JNE. Contoh gambar halaman depan web JNE seperti terlihat pada gambar dibawah ini. 

halaman depan web jne

Setelah kita masuk di halaman depan web JNE ini, maka selanjutnya kita masukkan kota asal pengiriman yaitu Cianjur, Kab Cianjur pada kotak Origin di Check Our Tarif. Yang perlu dicatat ketika mengisi form origin ini kita menunggu rekomendasi alamat yang sesuai otomatis dari masing-masing kotak / formnya. Gambar pada langkah ini seperti terlihat dibawah ini. 
 
Isian Form Origin Cek Ongkir JNE
Kemudian setelah keluar kota rekomendasi dari web yang sesuai dengan yang kita inginkan keluar, maka kita klik pilih kota tersebut.

Selanjutnya setelah selesai mengisi kota origin maka kita mengisi kotak form berikutnya yaitu kotak destination dengan mengisikan kota tujuan pengiriman yaitu kecamatan depok Sleman Yogya. Dan langkah mengisi form / kotak destination ini sama seperti langkah mengisi form origin diatas yaitu ditunggu dulu alamat kota yang kita inginkan keluar otomatis dari webnya lalu kita klik alamat tersebut. Dan pada langkah ini terlihat seperti gambar dibawah ini. 

Pengisian Kolom Destonation Cara Cek Ongkir JNE

Setelah selesai mengisi kedua kolom kota asal dan kota tujuan, maka selanjutnya adalah kita meperkirakan berat barang yang akan dikirim. Dan perhitungan berat di JNE cukup simpel, yaitu untuk berat dibawah 1 kg semuanya masuk pada berat pengiriman 1 kg, dan begitu juga pada berat tambahan berikutnya. Dan di JNE tempat kami mengirim barang yaitu Cianjur biasanya untuk berat sampai 1,2 kg masih masuk pada berat 1 kg, dan berat selanjutnya masuk kg berikutnya.
Pengisian Kolom Berat Cek Ongkir JNE

Misalkan kita perkirakan berat barang yang akan dikirim adalah masuk pada berat 1 kg. Maka kolom weight (kg) kita isikan dengan angka 1 seperti terlihat digambar. Setelah itu langsung kita klim tombol check maka keluarlah pilihan ongkirnya. 

Pengisian Kolom Im Not Robot Ongkir JNE

Setelah pilihan ongkir itu keluar maka kita tinggal memiliki paket jasa pengiriman apa yang kita inginkan dan sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah kita ingin menggunakan jasa dengan tarif YES dengan 1 hari waktu kirim, atau REG dengan lama pengiriman 3 sampai 6 hari, dan juga OKE dengan estimasi waktu kiri 4 sampai 7 hari. 

Pilihan Ongkir JNE

Nah setelah kita bisa melakukan cek ongkir sendiri ini, maka tentu lebih leluasa bagio kita menetukan jadi atau tidaknya berbelanja kebutuhan di sebuah toko online. Selamat mencoba, dan mudah-mudahan bermanfaat. 

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH 

0 komentar: