Tips Berbusana Muslimah

Tips Model Busana Muslimah
Tidak dipungkiri, bahwa setiap mausia menyukai hal – hal yang indah dan elok di pandang. Dalam segala hal, hampir-hampir harus selalu di pertimbangkan apakah hal itu baik dan indah saat di lakukan. Hal ini berlaku untuk kebiasaan sehari-hari, dari bermuamalah, sampai berpakaian.

Karena dasarnya manusia ini menyukai hal-hal yang baik dan indah, maka begitu juga seorang wanita muslimah. Pada umumya merekapun menyukai hal-hal yang bagus, baik dan indah, baik di pandang maupun di rasa. Mereka memiliki cita rasa yang tinggi. Utamanya dalam hal berpakaian mengenakan busana muslimah. Mereka akan lebih pilih-pilih dalam mengenakan busana muslimah dengan pertimbangan bagus, indah dan keelokan suatu busana.

Hal itu merupakan kewajaran bagi seorang manusia. Yaitu menyukai hal-hal yang baik dan indah. Namun hal ini haruslah di selaraskan kepada ukuran baik dan indah itu sendiri. Kita tahu bahwa Allahlah yang Maha Indah, Allahlah yang memiliki keindahan, maka keindahan dan kebaikan itu pasti datangnya dari Allah. Tidak mungkin sesuatu yang baik itu datangnya dari selain-Nya.

Maka dalam mengenakan busana muslimah haruslah memperhatikan keindahan, keelokan dan kebaikan yang bersumber dari Allah yaitu melalui syariat-Nya. Berikut ini kami berikan beberapa tips berbusana muslimah untuk para akhwat yang menginginkan keindahan dan kebaikan dalam mengenakan model-model busana muslimah.

Tips yang pertama yaitu, busana seorang wanita muslimah haruslah menutupi seluruh tubuh keculi muka dan telapak tangan. Dan termasuk yang harus di tutupi juga adalah telapak kaki, karena ini adalah juga termasuk dalam aurat. Hal ini di sarkan pada firman Allah subahanahu wa ta’ala dalam surat al-Ahzab ayat 59.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab [33] : 59).

Dan juga pada firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat an-Nur ayat 31. Dalam surat an-Nur ini dalam kalimat janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya di tafsirkan oleh Ibnu Abbas bahwa yang boleh di tampakkan adalah wajah dan telapak tangan.

Tips yang kedua dalam berbusana muslimah yaitu, sebaiknya busana muslimah bukanlah busana untuk berhias dengan aneka macam hiasan. Hal ini di dasarkan dari firman Allah subhanahu wa ta’ala :

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33). Tabarruj adalah perilaku wanita yang menampakkan perhiasan dan kecantikannya serta segala sesuatu yang mestinya ditutup karena hal itu dapat menggoda kaum lelaki.

Dan yang perlu di perhatikan disini adalah bahwa jilbab, busana muslimah atau gamis tujuan pemakaiannya adalah untuk menutupi aurat, bukan malah untuk berhias.

Tips yang ketiga dalam berbusana muslimah adalah hendaknya pakaian atau busana muslimah itu tidak tembusa pandang/taransparan dan tipis, serta tidak ketat, sehingga memperlihatkan bentuk tubuh. Hal ini di dasarkan pada hadist :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu : Suatu kaum yang memiliki cambuk, seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini.” (HR.Muslim)

Dalam kalimat tebal di atas sudah dapat dipahami bahwa hakikat berpakain tapi telanjang adalah memakai pakaian tapi memperlihatkan bentuk tubuhnya.

Tips yang keempat dari busana muslimah adalah tidak menyerupai busana kaum pria, yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat kaum lelaki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai lelaki.

Tips yang kelima dari berbusana muslimah adalah hendaknya busana muslimah tidak menyerupai busana orang-orang kafir dari golongan non muslim. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa ”Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Tips keenam dari berbusana muslimah yaitu hendaknya dalam busana tersebut tidak mengandung salib, dan makhluk-makhluk bernyawa. Dan banyak hadits yang melarang untuk memampang gambar makhluk bernyawa dalam hal ini.

Kemudian tips ketujuh untuk berbusana muslimah adalah hendaknya busana terbut bukanlah bertujuan untuk mencari ketenaran dan popularitas. Hal ini di dasarkan pada hadits : Dari Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda  “Barangsiapa mengenakan pakaian syuhroh di dunia, niscaya Allah akan mengenakan pakaian kehinaan padanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan)

Pakaian syuhroh di sini bisa bentuknya adalah pakaian yang paling mewah atau pakaian yang paling kere ataukumuh sehingga terlihat sebagai orang yang zuhud. Kadang pula maksud pakaian syuhroh adalah pakaian yang berbeda dengan pakaian yang biasa dipakai di negeri tersebut dan tidak digunakan di zaman itu. Semua pakaian syuhroh seperti ini terlarang.1

Beberapa tips diatas hendakya di penuhi sebagai syarat-syarat busana muslimah yang syar’i. Dengan mengenakan model busana muslimah yang mencocoki syariat Allah dan tidak mengandung maksiat kepada-Nya maka itulah sumber keindahan yang sesungguhnya.

Jika kita lihat maraknya wanita muslimah saat ini yang mengenakan model busana muslimah yang cenderung ukuran indah dan baiknya adalah pandangan manusia,atau timbangan syahwat. Maka ketahuilah, bahwa hal tersebut bukanlah keindahan yang hakiki. Karena hal ini hanyalah keindahan yang semu yang justru di dalamnya ada kemaksiatan kepada Allah yang Maha indah. Tidak akan muncul keindahan ketika kita melakukannya dengan cara bermaksiat kepada Rabb yang Maha Indah. Allahu a’lam.
                                                
1 Disarikan dari remajaislam.com tentang kriteria pakaian muslimah, dengan sediit perubahan.

1 komentar:

  1. Artikelnya sangat jelas dan mudah dipahami sehingga membantu saya untuk menyelesaikan tugas
    oya kalau intik tips memilih kaos kaki muslimah yang modis gomana ya ?..
    Trims miga makin lancar

    BalasHapus