Tips Memakai Jilbab

tips memakai jilbab
Jika kita memasukkan kata kunci tips memakai jilbab, hijab tutorial, atau cara memakai jilbbab maka akan kita temukan berbagai macam video tutorial atau cara memakai jilbab, menghiasi jilbab agar lebih modis trendi modern dan lainnya dalam istilah-istilah masa kini. Dan bahkan jika kita memasukkan kata kunci tutorial hijab syar’i yang menggunakan embel-embel syar’ipun kita juga akan ketemukan berbagai macam video tutorial yang sama jenisnya seperti diatas, yang modis, gaul, trendi dan modern.

Dari berbagai macam tutorial, tips, ataupun cara memakai jilbab untuk muslimah yang ada saat ini, maka kita akan melihat betapa repot, ribet dan susahnya untuk dapat mengenakan jilbab. Padahal pada asalnya agama itu adalah mudah, namun jika melihat mode dan mengiti mode yang dikatakan syar’i dan trendy ini tentunya menjadi sulit tidak praktis.

Selain itu, jika kita lihat dari asal pensyariatan memakai jilbab bagi muslimah adalah untuk menutupi aurat, menutupi perhiasan yang dimana jika perhiasan tersebut terlihat oleh kaum pria maka dapat menjadi fitnah. Dan fitnah wanita ini termasuk diantara fitnah terbesar diakhir zaman ini.

Maka ketika asal pensyariatan memakai jilbab bagi muslimah ini untuk menutupi aurat, menutupi perhiasan, hendaknya jangan dirubah dan balik malah menjadi penghias, dan aksesoris untuk mempercantik diri. Karena kalau tujuannya seperti ini, tentu telah berputar arah dari tujuan memakai jilbab bagi wanita muslimah.

Dan juga Allah telah melarang bagi seorang muslimah ber tabarruj seperti wanita jahiliyah dahulu. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam al-Qur’an,

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)

Dan makna tabarruj ini salah satunya yaitu menampakkan atau memperlihatkan, atau mengumbar kecantikan didepan umum / laki-laki non mahrom, atau menutupi sebgian aurat dan membuka sebagian lainnya. Maka hal ini adalah termasuk yang dilarang dalam syariat Islam.

Oleh karena itu, hendaknya seorang muslimah lebih memperhatikan lagi dalam hal memakai jilbab. Karena hakikat memakai jilbab, bukanlah hanya menutup rambut, namun menutupi perhiasan menutupi aurat secara sempurna sebagaimana yang telah dijelaskan dalam syariat Islam.

Maka tips memakai jilbab untuk wanita muslimah yang ingin berjilbab dengan aturan Islam kiranya saat ini kami anggap penting. Mengingat dari tutorial-tutorial memakai jilbab, tips-tips memakai jilbab yang ada saat ini, walaupun telah menggunakan embel-embel jilbab syar’i, hijab syar’i namun masih saja memiliki kesan tabarruj dan kurang menutupi perhiasan wanita secara baik.

Berikut ini, kami sampaikan beberapa tips memakai jilbab bagi wanita muslimah yang ingin menegakkan daulah Islam dalam dirinya.

1.    Meluruskan Niat

Dalam Islam, niat merupakan hal yang oenting dan utama dalam setiap perkara ibadah apapun yang kita lakukan. Karena jika suatu perbuatan atau suatu ibadah dilakukan tidak disertai niat yang lurus, niat yang ikhlas hanya karena Allah, maka niscaya ibadah tersebut akan rusak.

Maka memakai jilbab bagi seorang muslimah merupakan salah satu bentuk ibadah, salah satu bentuk ketaatan yang dilakukan harus berdasarkan pada niat yang lurus dan tuntunan yang benar. Mengingat memakai jilbab adalah di wajibkan yang telah dijelaskan dalam dalil – dalil yang pasti dan tidak ada lagi keraguan di dalamnya.

Oleh karena itu, karena memakai jilbab adalah bagian dari syariat Islam, hendaknya awal mula niat untuk memakai jilbab haruslah karena Allah, bukan karena yang lainnya. Karena jika nita tidak lurus maka niscaya amal akan rusak, bahkan sia-sia tidak ada nilainya. Dan karena berjilbab ini adalah bagian dari Islam maka tutorial dan tips memakai jilbabnyapun haruslah berdasarkan dalil-dalil dalam Islam juga yang diambil dari al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih dengan pemahaman yang benar yang telah dijelaskan oleh para ulama.

2.    Memahami Cara atau Tutorial Memakai Jilbab (Berilmu)

Memahami cara memakai jilbab atau tutorial memakai jilbab yang benar, jilbab yang syar’i adalah salah satu hal yang sangat penting bagi seorang muslimah. Lalu darimana kita dapat mengetahui atau mencari tahu cara memaki jilbab yang benar? Mengingat saat ini cukup banyak orang-orang yang menshare berbagai macam cara, tips, dan tutorial memakai jilbab bagi muslimah.

Maka untuk dapat memilah dan memilih mana tips dan tutorial yang benar hendaknya kita merujuk langsung pada sumbernya yang shahih. Dan sumber tutorial, sumber cara memakai jilbab bagi muslimah ini seperti yang telah sekilas kami singgung diatas adalah al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih dengan pemahaman yang benar yang telah dijelaskan oleh para ulama salaf maupun ulama kontemporer.

Dan Alhamdulillah yang perlu kita syukuri terhadap nikmat Allah dimasa ini yaitu kemudhan kita untuk mendapatkan ilmu. Jika di zaman dahulu untuk mendapatkan ilmu itu harus berjalan sekian hari, sekian pekan, sekian bulan, namun atas nikmat yang Allah berikan saat ini, dengan adanya akses internet, buku-buku yang telah diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa, majalah-majalah Islami, dan lain sebagainya, maka kita sangat mudah untuk menimbanya. Apalagi saat ini sudah cukup banyak dari da’i yang kompeten juga berdakwah melalui media internet, seperti berdakwah melalui media website artikel-artikal ilmiah, makalah, diktat, ebook, bahkan rekaman-rekaman kajian Islam yang berbayar dan bahkan gratis yang sangat mudah untuk kita akses dan miliki.

Oleh karena itu, tentunya dengan bermodalkan pemahaman bahwasannya sumber rujukan untuk mengetahui ilmu mengenai cara memakai jilbab yang benar, tutorial memaki jilbab yang syar’i adalah al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih dengan pemahaman orang-orang terbaik yang pernah belajar langsung kepada Rasulullah, maka kita dapat mengidentifikasi, dimana dan siapa orang yang dapat kita jadikan rujukan dalam mencari ilmu ini. Selama dai, ustadz atau ulama itu berkomitmen dengan pemahaman Islamnya sesuai dengan yang kami sebutkan diatas, maka mereka dapat kita jadikan sebagai perantara untuk memahami sumber-sumber ilmu yaitu al-Qur’an dan as-Sunnah yang sahih.

3.    Menerapkan Ilmu (Praktek)

Setelah kita mengetahui dan mengambil ilmu dari sumber rujukan yang benar untuk memahami cara memakai jilbab, maka hal yang harus kita lakukan berikutnya adalah menerapkan apa yang telah kita tahu, atau bahasa mudahnya adalah praktek. Karena ilmu itu tidak akan bermanfaat jika tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena Islam itu bukanlah sekedar belajar berilmu, namun harus juga di praktekkan.  

Dan dengan praktek ini maka kita akan mengetahui hakikat Islam yang sebenarnya. Jika seandainya yang kita praktekkan berdasarkan ilmu ini berbeda dengan apa yang ada saat ini mengenai model jilbab, cara pakai jilbab dari wanita kebanyakan, maka orang yang diatas ilmu itu jauh lebih baik daripada orang yang hanya sekedar mengikuti nafsunya, atau orang yang berjalan diatas bimbingan nafsunya. Hendaknya kita renungkan kembali ayat dalam al-Qur’an yang telah kami singgung pada artikel tips berbusana gamis syar’i sebelumnya,

Maka, pernahkan kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya, Allah membiarkan berdasarkan ilmu-Nya, Allah telah mengunci mati pendengaran juga hatinya dan meletakkan tutup atas penglihatannya. Maka, siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Apakah kalian tidak mengambil pelajara?” (QS. Al Jatsiah : 23).

4.    Bersabar

Bersabar merupakan tips berikutnya dalam memakai jilbab yang benar sesuai dengn tuntunan Islam. Mengingat di zaman ini, ketika seorang wanita muslimah dapat mengenakan atau memakai jilbab yang benar yang menutupi seluruh aurat dan perhiasannya, maka tentu ini tidak terlepas dari fitnah dan cobaan baginya. Karena memang setiap seorang yang beriman itu akan mendapatkan cobaan sesuai tingkat keimanannya. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala,

Apakah manusia menyangka mereka dibiarkan untuk berkata ‘kami telah beriman’ padahal mereka belum diuji. Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka maka Allah telah mengetahui siapa saja yang jujur dan siapa saja yang dusta (dalam imannya). (Qs. Al Ankabut : 2-3)

Cobaan dalam praktek memakai jilbab syar’i yang sebanrnya ini merupakan ujian keimanan baginya, apakah ia termasuk orang-orang yang jujur beriman kepada Allah, niatnya beramal hanya karena Allah ataukah hanya sekedar dusta belaka.

Maka hendaknya setiap muslimah dapat bersabar. Betapapun berat cobaan ujian fitnah bagi muslimah yang berusaha menerapkan aturan syar’i dalam hidupnya, ia tetap harus bersabar, dan terus mengingat bahwasannya balasan Allah nantinya jauh lebih baik, dan merupakan kebahagiaan yang hakiki.

5.    Mengajak Saudara

Setelah kita mampu menerapkan semua tips memakai jilbab diatas, maka langkah terahir atau tips terahir dalam berjilbab yang syar’i adalah mengajak keluarga kita, anak-anak kita, istri-istri kita, ibu atau sudarayang lain dan juga orang-orang disekitar kita untuk dapat menerima hidayah ini. Yaitu hidayah dapat menerapakan salah satu syariat Islam dalam diri sendiri. Hal ini sejalan dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala,

Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Maka sikap seorang muslim ketika mereka mendapat kebahagiaan mendapat hidayah untuk dapat memakai jilbab dengan cara pakai yang benar, adalah berbahagian pula ketika orang lainpun bisa mendapatkan kebahagiaan yang kita dapatkan ini. Maka dengan mengajak orang kepada busana dan jilbab yang syar’i adalah jalan berbagi kebahagiaan yang hakiki. Wallahu a’lam

0 komentar: