Merenungi Fitnah Terbesar

fitnah wanita fitnah terbesar
Diantara fitnah-fitnah yang menimbulkan kerusakan besar di zaman ini adalah fitnah wanita. Hal ini sebagaimana yang pernah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang shohih yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ
Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Bukhari dan  Muslim)

Dalam hadits yang lain yang diriwayatkan dari Abu Said al Khudri radhiallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خضرة، وَإِنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّــقُوا الدُّنْــيَا وَاتَقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِـي إِسْرَائِـيلَ كَانَتْ فِي النِسَاءِ
“Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau dan sesungguhnya Allah menjadikan kalian penguasa di atasnya lalu Dia memperhatikan apa yang kalian perbuat. Karenanya takutlah kalian kepada (fitnah) dunia dan takutlah kalian dari (fitnah) wanita, karena sesungguhnya fitnah pertama (yang menghancurkan) Bani Israil adalah dalam masalah wanita.” (HR. Muslim)

Dari sini kita ketahui bahwasannya diantara fitnah-fitnah terbesar bagi kaum pria adalah fitnah wanita. Yang bahkan ini sudah di kabarkan jauh-jauh hari sejak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup. Padahal kita ketahui bersama, bagaimana keadaan masyarakat di zaman beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dari segi akidah, akhlak, tingkah laku, muamalah, dan juga masalah dalam berpakaian. Namun dengan keadaan sebaik itu saja beliau sudah mewanti-wanti akan fitnah wanita ini.

Bagaimana pula jika kita lihat di zaman kita sekarang ini. Dimana kerusakan sudah tersebar luas, perbuatan maksiat, campur baur antara laki-laki dan perempuan ditempat-tempat umum, berdua-duan antara laki-laki dan perempuan tanpa ada yang merisaukannya, muamalah tanpa batas antara laki-laki dan perempuan, ditambah kemudahan teknologi yang disalah gunakan seperti adanya media sosial yang memudahkan orang untuk berkholwat tanpa diketahui manusia lain, kemudian tersebarnya wanita-wanita yang membuka aurat dimana-mana, dan banyak lagi pemicu-pemicu bertambah dahsyatnya fitnah ini.

Jika kita menyadari betapa besar, betapa dahsyatnya fitnah ini apalagi ditambah dengan pelanggaran-pelanggaran syariat yang memicunya dan menambah parah, maka niscaya kita akan lebih berhati-hati dalam bertingkah laku, berhati-hati dalam muamalah, berhati-hati dalam berucah, juga berhati-hati dalam menjaga pandangan.

Nasehat Bagi Wanita

Dengan mengetahu bahwasannya fitnah wanita ini adalah fitnah terbesar yang melanda seorang pria yang efek kerusakannya dapat sangat luas, maka hendaknya seorang wanita memperhatikan adab-adab dalam pergaulannya, memperhatikan adab-adab dalam berbusana muslimah, memperhatikan lingkungannya, dan yang utama adalah memperhatikan agamanya. Dengan seorang wanita muslimah memperhatikan itu semua dan mentaati apa-apa yang di syariatkan untuknya dari menutup aurat, menjaga pandangan, menjaga tingkah laku, pergaulan dan selainnya. Karena ini semua merupakan pemicu bertambah besarnya fitnah wanita ini.

Kita lihat di saat ini banyaknya wanita-wanita yang membuka aurat, menampakkan perbiasannya, bertabarruj, berikhtilat, kholwat dengan lawan jenis dan sejenisnya. Mereka Bergama Islam namun melupakan adab-adab Islam, bahkan banyak dari saudari kita muslimah ini tidak memakai jilbab / hijab dalam kesehariannya. Mereka melenggang begitu saja ditempat-tempat umum sehingga menjadi pusat pandangan laki-laki yang melihatnya.

Tidak hanya itu, anak-anak kecil sebelum remaja pun melihat perilaku-perilaku yang dicontohkan oleh orang yang lebih tua, maka apa yang akan mereka pikirkan tentang ini. Bukankah apa yang ia lihat dari berbagai macam kerusakan ini juga akan memicu kembalinya kerusakan ini di zaman kelak ia tumbuh dewasa dan bahkan lebih parah. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, Tidak akan datang suatu zaman melainkan yang sesudahkan akan lebih buruk darinya.” 

Simak juga artikel Dampak Negatif Membuka Aurat

Maka hendaknya setiap wanita muslimah selalu meningkatkan ketqwaannya kepada Allah, dengan selalu taat terhadap apa yang diperintahkan dan menjauhi dan tidak mengerjakan apa yang telah dilarang.

Jadikanlah diri anda wahai wanita sebagai perhiasan terindah yang ada dimuka bumi ini, dan jangan mau menjadi bagian dari fitnah terbesar ini. Sebagai motivasi bagi para wanita muslimah, mari renungkan dan raih apa yang disabdakan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini,

الدنيا متاع، وخير متاع الدنيا المرأة الصالحة
Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

Nasihat Bagi Pria

Tidaklah fitnah ini timbul kecuali hanya kerusakan yang akan menjadi hasil akhirnya, maka hendaknya setiap pria menjaga pandangannya, menjaga pergaulannya, menjaga adab-adab yang Islami dalam berhubungan dengan lawan jenisnya. Jangan bermudah-mudah dan menganggap sepele terhadap syariat Allah tentang menjaga pandangan, larangan ikhtilat, larangan kholwat didunia nyata maupun internet, karena sikap bermudah-mudah ini adalah awal pemicu timbulnya fitnah terbesar ini yang bahkan melanda kalangan pria yang mengerti agam sekalipun.

Ketahuilah bahwasannya syaiton itu akan menggoda kita dari cara yang paling kasar, paling ekstremnya hingga cara paling lembutnya. Ketika syaiton tidak bisa menggoda seorang pria untuk melakukan zina, maka syaiton akan berusaha merusak pandangan seorang muslim agar ia tidak menjaga pandangan, membisikinya untuk bemudah-mudah dalam bermualah dengan lawan jenisnya, membisikinya tidak mengapa berkholwat di dunia internet, media sosial dan sejnisnya hingga hasil akhirnya terjadilah pezinahan itu. Waliyyadzubillah.

Bahkan banyak kisah dari para pria yang tidak mampu menahan keinginan nafsunya sehingga tidak hanya dosa besar yang ia lakukan, hingga kekufuran kepada Allah tabaraka wa ta’ala pun ia kerjakan. Karena memang syaiton itu pintar, ia menggoda anak adam tahap demi tahap, dari yang paling ringannya, sampai akhirnya para hal yang paling berat yaitu kufur terhadap agam Allah. Nasalullaha salamah wal afiyah.

Mudah-mudahan kita diselamatkan Allah dari berbagai fitnah yang menimbulkan benyaknya kerusakan di muka bumi ini. Dan hanya kepada Allah sajalah kita memohon pertolongan dari segala macam bencana fitnah yang melanda. Mudah-mudahan Allah tetapkan hidayah pada diri kita, dan istiqomah diatas hidayah itu. Amiin.

Fanspage kami RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun facebook kami RUMAH BELANJA Whyluth


0 komentar: