Subscribe:

Jumat, 27 April 2018

Apa Itu Celana Laa Isbal ?

Celana Laa Isbal
Celana Laa Isbal
Mungkin kita sering mendengar atau membaca tulisan celana laa isbal. Sebagian kita ada yang bertanya - tanya, sebenarnya apa sih celana laa isbal itu ? Apakah ini model baru dari produk celana ? Atau jenis celana tertentu ? Atau celana yang seperti apa ?

Sebelum populer nya medsos, jual beli online, mungkin dahulu kita tidak mengenal istilah istilah ini. Dan istilah celana laa isbal ini sekarang mungkin sudah menjadi sebuah tag keyword untuk produk dagangan. Sehingga banyak beredar di tulisan tulisan medsos, toko - toko online, atau selainnya sebutan dengan istilah celana laa isbal ini. 

Lalu produk seperti apakah celana laa isbal ini ? 

Sebenarnya jika kita lihat produk celana laa isbal ini bukanlan sesuatu yang baru bagi kita. Karena sebutan ini di peruntukkan pada produk - produk celana pria dengan model yang cingkrang / tidak isbal. 

Kenapa Celana Laa Isbal ?

Mungkin ketika di sebutkan produk celana ini dengan nam celana cingkrang. Respon orang dalam mendengar istilah ini negatif. Karena di negeri kita sekarang ini istilah celana cingkrang sering sekali di sangkut pautkan dengan celana nya teroris atau orang islam yang berpaham radikal atau ekstrem. 

Padahal tidak seperti itu. Karena ternyata memakai pakaian isbal bagi kaum pria itu sendiri ternyata di dalam syariat Islam ada larangannya. Termasuk untuk pakaian dalam bentuk celana. Ini juga termasuk dalam pembahasan larangan isbal / panjang di bawah mata kaki. 

Maka agar tidak berkesan negatif, banyak dari kita yang membuat label produk celana cingkrang ini dengan sebutan celana laa isbal. Karena memang ini lebih bersesuaian dan mendekati istilah dalam syariat larangan Isbal. 

Dan ini adalah pendapat pribadi saat mengamati label label dan istilah istilah produk. Mungkin saja benar sebab penamaan celana laa isbal ini, mungkin juga salah apa yang kami sampaikan. 

Namun tentang maksut celana laa isbal adalah celana yang cingkrang diatas mata kaki ini insyaa Allah benar adanya. Begitu juga tentang larangan seorang pria muslim memakai pakai Isbal dalam Islam ini juga benar adanya di dalam pembahasan syariat Islam.

Laa Isbal
Laa Isbal
Perlu juga menjadi catatan bahwasannya celana laa isbal ini berlaku khusus untuk produk pakaian ikhwan / laki laki. Sementara seperti yang kita lihat sekarang, para wanita memakai celana cingkrang tanpa di lapisi gamis di luarnya, tentu ini bukan termasuk pembahasan. Karena memakai celana laa isbal untuk wanita hukum nya haram. Karena menampakkan aurat yang jelas pelarangannya di dalam Agama kita. Wallahu a'lam.