Benarkah Keyakinan Semua Agama Benar ?

Semua Agama Benar
Semua Agama Benar ???

Sebuah keyakinan yang berkembang belakangan ini yang di gembor gemborkan oleh kalangan liberal yaitu keyakinan bahwasannya semua agama itu benar. 

Benarkah keyakinan seperti ini ? Benarkah semua agama adalah rahmatan lil 'alamiin ? 

Jawabnya tentu ini adalah keyakinan yang tidak sesuai dengan akidah Islam. Setiap muslim meyakini bahwasannya hanya Agama Islam lah yang benar, hanya Islamlah agama yang di terima dan di ridhoi di sisi Allah. Tidak selainnya. 

Ini adalah akidah yang harus di tanamkan kepada setiap muslim sedari kecil. Akidah ini jangan sampai luntur apalagi hilang. 

Dengan banyak beredarnya syubhat - syubhat kerancuan dala beragama belakangan ini, maka hendaknya ini membuat kita lebih fokus lagi memperbaiki akidah kita, akidah anak - anak kita. Jangan sampai hal yang sudah menjadi konsensus batal karena kerancuan orang yang membuat rancu dalam agama ini. 

Tetang keyakinan ini sudah jelas terang Allah jelaskan di dalam al-Quran maupun Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam jelas kan dalam sabdanya. 

Allah ta'ala telah menjelaskan bahwasannya agama yang di ridhoi di sisi Allah, agama yang Allah terima hanyalah Islam bukan selainnya. Allah berfirman, 

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

“Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19)

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS. Ali Imran: 85).

Maka dengan jelas dua ayat diatas membatalkan keyakinan semua agama benar. Karena jalas dalam firman Allah ta'ala tersebut bahwasannya Allah hanaya menerima agama dan meridhoi agama hanya ISlam. Bukan selainnya. Siapa yang mencari Agama, Mencari Syariat selain Islam, maka agama dan syariat itu tidak akan di terima oleh Allah ta'ala. 

Juga yang harus menjadi keyakinan setiap muslim dan muslimah, dewasanya maupun anak - anaknya. Yang harus tertanam di relung hati yang harus mengakar kuat, bahwasannya agama Islam adalah agama yang sempurna, tidak perlu tambahan, tidak perlu kepada agama lain, dan agama Islam yang di bawa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah agama yang menghapus syariat - syariat sebelumnya. 

Hal ini sebagainya firman Allah 

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian dan Aku pun telah ridha Islam menjadi agama bagi kalian.” (QS. Al Maa’idah: 3)

Dan Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam 


وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَا يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ يَهُودِيٌّ وَلَا نَصْرَانِيٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ إِلَّا كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ

“Demi Dzat yang jiwa Muhammad di Tangan-Nya, tidak ada orang dari umat ini, Yahudi atau Nasrani, yang mendengar tentang aku, kemudian mati dalam keadaan tidak beriman kepada risalah yang aku bawa, kecuali dia termasuk penduduk neraka.” (HR. Muslim)

Maka cukup sudah bagi kita keterangan dari nash - nash diatas untuk membatalkan keyakinan semua agama itu benar. Karena sudah terang dan jelas bahwasannya kebenaran hanya pada Islam, Islam telah sempurna, tidak butuh kepada selainnya. Dan Islam sajalah agama yang di terima di sisi Allah ta'ala. 

Di Akhir kata mari kita berdoa semoga Allah selalu berikan hidayah kepada kita semua untuk istiqomah diatas jalan Islam yang benar dan di selamatkan dari berbagai macam fitnah syubhat maupun syahwat. Aamiiin. 


0 komentar: