Menyambut Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap muslim dan muslimah. Karena dibulan ini terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Kenangan manis di bulan Ramadhan yang lalu, memmbuat para pemeluk agama Islam ingin selalu berada pada bulan tersebut dengan segala keutamaannya. 
 
Menyambut bulan ramadhan
Bagaimana tidak bergembira dengan kedatangan bulan yang penuh berkah ini, sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Telah datang bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, Allah mewajibkan kalian berpuasa padanya, pintu-pintu surge dibuka pada bulan itu, pintu-pintu neraka ditutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat malam (kemuliaan / lailatul qodr) yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalangi (untuk mendapatkan) kebaikan malam itu, maka sungguh dia telah dihalangi (dari keutamaan yang agung)” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan lainya, dan dinyatakan shahih oleh syaikh al-Albani).

Ini adalah peluang beramal bagi seorang muslim. Dengan banyaknya kebaikan di bulan ini maka hendaknya setiap perbuatan yang dilakukan adalah merupakan amalan shalih, dan jauh dari perbuatan maksiat agar kita tidak tertinggal dan merugi nantinya.

Momentum berpuasa di bulan ramadhan seperti telah di sabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas, adalah momentum bagi seorang muslim untuk menahan diri dari hal-hal yang biasa kita lakukan. Seperti kita wajib menahan lapar di siang hari, menahan berhubungan suami istri (tentunya bagi yang sudah menikah), menahan haus, menahan perkataan-perkataan yang tercela, perkataan yang sia-sia, dan lain sebagainya.

Maka dengan melaksanakan Ibadah puasa di bulan ramadhan ini diharapkan setiap muslim bisa merasakan betapa sulitnya orang-orang yang tidak mempu makan ditiap harinya dan dapat mengasah rasa peduli dan berbagai kepada kaum miskin disekitar kita. Hingga akhirnya terpeliharalah kaum fakir dan miskin disekitar warga muslim, dan merekapun dapat merasakan kenikmatan dan perayaan hari kemenangan di esok harinya.

Jadikan momentum ramadhan sebagai bulan dimana kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah jalla jallauhu dengan berbagai aktifitas Ibadah, seperti puasa, shalat tarawih, bershadaqoh, membaca al-Qur’an dan amalan-amalan yang disyariatkan lainnya.

Mari kita sambut bulan ramadhan yang pernuh berkah dengan mempersiapkan diri dan hati kita. Kita sambut ramdahan dengan penuh kegembiraan dan penuh harapan terhadap ampunan Allah tabaraka wa ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ikhlaskan niat beribadah hanya untuk Allah, dan jauhkan ria dan perbuatan pemborosan dalam menyambut bulan ramdahan. Harapkanlah pahala yang banyak dan jauhi perbuatan – perbuatan yang di larang Allah tabaraka wa ta’ala.

http://rumahbelanjamuslim.blogspot.com/p/gamis-akhwat.htmlJangan nodai bulan yang suci ini dengan berbagai macam kegiatan sia-sisa. Seperti membeli dan menghidupkan mercon, berpesta, benyanyi-nyai dalam membuat keributan di sana-sini yang dapat merusak ketengan orang lain. Gapai ramadhan dengan perisapan amalan shalih. Jauhkan diri dari maksiat, dan harapkanlah hanya wajah Allah tabaraka wa ta’ala.

Mudah-mudahan apa yang kita usahakan dapat menjadi simpanan amalan kita kelak di yaumil akhir, dimana tidak bermanfaat agi, harta dan anak-nak kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang selamat. Wallahu a’alam

Mari like fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM 
Add akun facebook kami di RUMAH BELANJA WHYLUTH 

0 komentar: