Apa Itu Busana Syar’i?

apa itu busana syar'i
Mungkin anda sering mendengar dan membaca pembahasan busana syar’i, gamis syar’i, ataupun jilbab syar’i. Dan mungkin juga di web ini anda menemukan banyak hal yang berkaitan dengan busana syar’i baik dalam bentuk artikel jualan, artikel promosi, maupun artikel tips-tips dan lainnya.

Di dalam hati mungkin anda bertanya-tanya, sebenarnya apa sih busana syar’i itu? Karena saat ini banyak kita temukan para pedagang busana muslimah yang menjual dagangannya dengan label syar’i ini. Dari model-model yang syar’i sampaipun yang modelnya masih kurang syar’i.

Oleh karena itu kami pada artikel ini mengambil pembahasan mengenai apa itu busana syar’i?
Jika dilihat dari kalimatnya maka kita akan mendapti busana syar’i ini selalu bersinggungan dengan busana muslimah. Tetapi sebenarnya busana syar’i ini juga terkait dengan kaum pria juga.

Lalu apakah busana syar’i itu? Maka secara singkat busana syar’i ini dapat diartikan sebagai busana untuk muslim dan muslimah yang dari model, sifat, dan fungsinya sesuai dengan apa yang ada di dalam tuntunan berbusana dalam Islam dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang misalnya seperti terdapat gambar makhluk bernyawa, gambar salib dan yang lainnya. 

Setelah mengetahui bahwasannya busana syar’i itu merupakan busana yang memenuhi syarat-syarat, maka tentunya ada busana yang tidak memenuhi syarat dan tidak masuk ke dalam kriteria busana syar’i. Maka dari sini kita dapat mengeompokkan busana itu menjadi dua kategori, yaitu busana syar’i dan busana yang tidak syar’i.

Kemudian yang jadi pertanyaan, apa ukuran dan batasan busana itu itu dikatakan syar’i dan tidak syar’i. Maka kita dapat mengukur apakah busana itu syar’i atau tidak dengan ukuran Syariat Islam, hukum-hukum mengenakan busana dalam Islam lengkap dengan syarat-syaratnya.

Lalu bagaimanakan syarat – syarat busana itu dapat menjadi busana yang syar’i untuk dikenakan seorang muslim dan muslimah? Insya Allah pada artikel berikutnya, kami akan sampai beberapa syarat-sayarat busana itu syar’i untuk diekanakan oleh muslim dan muslimah. Dan hal ini menjadi penting mengingat saat ini banyak label-label syar’i untuk busana, maupun hijab, namun jika kita lihat ternyata ada beberapa yang tidak memenuhi syarat-syaratnya, entah modelnya yang mini ataupun terdapat banyak hiasan. 

Artikel yang dapat menjadi referensi bagi muslimah, 
* Dll, dapat di cari di menu search pojok kanan atas, pada blog ini


0 komentar: