Subscribe:

Senin, 23 Maret 2015

Bagaimana Model Baju Anda?

Bagaimana Model Baju Anda
Memakai baju terkadang membentuk sebuah identitas pada seseorang. Ketika seseorang memakai baju dengan corak musik maka identitas yang menempel pada dirinya adalah seorang penyuka musik (bukan brarti musik dibolehkan di dalam Islam), ketika seorang memakai baju dengan model baju bola, dengan gambar dan nama-nama pemain bola, maka identitas yang melekat pada dirinya adalah seorang penyuka atau bahkan penggila bola.

Terkadang juga, memakai baju itu membuat cita rasa pemakainya bercocokan dengan model baju yang ia pakai. Misalnya, ketika seseorang memakai baju tentara maka ketika memakainya ia akan berasa seperti tentara, berasa gagah, kuat, kharismatik, dan lain sebagainya dari cita rasa menjadi tentara. Begitu juga ketika seseorang memakai baju / pakaian seragam bola, maka cita rasa yang ia rasakan serasa sedang berlari main bola di lapangan. Atau ketika ada seorang artis yang sedang di idolakan, maka ketika seseorang mengenakan baju dengan model baju artis yang kita idolakan tersebut maka terasa kita sebagai artis tersebut, dan lain-lain.

Dari sini dapat kita ketahui bahwasannya penting bagi seorang muslim ketika mengenakan pakaian ketika memakai baju hendaknya diperhatikan modelnya, coraknya, gambarnya dan lainnya. Karena seperti telah disebutkan diatas, baju itu dapat mngambarkan identitas pemakainya, dan baju juga dapat mempengaruhi cita rasa pemakainya.

Jika baju yang dipakai seseorang adalah baju-baju dengan ciri identitas muslim, maka tentu ini hal yang baik, karena dengan memakainya dapat menggambarkan identitas muslim bagi diirinya yang kemudian berkonsekwensi untuk bercita rasa dan bertingkah sebagainya seorang muslim. Ketika ia memakai baju yang dikenal dengannya adalah baju muslim, maka pertama ini dapat menggambarkan identitasnya sebagai seorang muslim (walaupun tidak semua), dan ketika ia mengenakannya maka ia akan sungkan untuk berbuat maksiat karena hal tersebut tidak sesuai dengan identitas yang ia sandang.

Begitu juga sebaliknya, ketika baju yang kita kenakan itu bermodel, bercorak kebarat-baratan yang menampilkan identitas orang-orang kafir, atau gambar-gambar orang kafir, gambar-gambar identitas orang kafir dan sejensinya maka konsekwensi bagi pemakainya sangat berbahaya bukan? Apalagi kalau baju dengan model-model seperti ini dipakai oleh seorang muslim, tentu bukanlah baju yang direkomendasikan. Alasannya yang pertama adalah dua kemungkinan yang telah kami sebutkan diatas, dan yang utama adalah karena ini adalah bentuk tasyabuh kepada orang-orang kafir.
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”.

Maka memakai baju yang menggambarkan identitas orang kafir, atau dengan gamabr-gambar orang kafir, atau gambar logo-logo / syiar orang kafir, apalagi model dan bentuknya menyalahi syariat, ketat, menampakkan aurat, maka ini haram dipakai oleh seorang muslim.

Oleh karena itu, hendaknya setiap muslim meperhatikan model baju yang ia pakai. Jangan sampai baju yang ia pakai justru menjadi syiarnya agama lain, syiarnya orang-orang non muslim dan justru malah kita berbangga dengannya. Jika ada baju yang mencirikan identitas muslim, maka tentunya ini adalah lebih baik. Wallahu a’alam.

Like fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM
www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar