Tips Diet Yang Paling Sehat

diet yang paling sehat
tips diet yang paling sehat

Diet Sehat Di Masyarakat 

Diet merupakan sebuah kegiatan yang banyak di lakukan manusia di zaman sekarang. Baik pria maupun wanita yang risau dengan kondisi berat badannya mencari berbagai macam cara dan tips untuk melakukan diet yang sehat.

Oleh karenanya, banyak sekali berbagai macam tips diet sehat di sebar melalui berbagai macam media. Karena memang melihat kebutuhan akan hal ini cukup banyak dan cukup di gemari terutama di kalangan muda. 

Ternyata Tidak hanya di kalangan yang sehat saja yang tertarik untuk melakukan diet sehat ini. Saudara-saudara kita yang sedang di runcung sakit juga tidak kalah banyak yang menerapkan starategi diet dan tips-tips dietnya untuk memperbaiki kesehatannya. 

Intinya dari semu kalangan bai pria ataupun wanita, muda ataupun tua, sehat ataupun sakit, semua melakukan diet ini kebanyakan tujuannya untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan. Walaupun sebagiannya ada juga yang diet ini dilakukan bukan karena alasan kesehatan namun hanya dari segi penampilan. Ini biasanya terjadi di kalangan muda mudi remaja putri. 

Diet Yang Baik 

Awal dari gencarnya kegiatan diet kebanyakannya adalah kerisauan seseorang terhadap kesehatannya dan penampilannya. Takut ini dan itu, takut tampil tidak cantik, tidak tampan, takut sakit ini, taku sakit itu ketika tidak diet. Ini merupakan alasan mendasar dari berbagai macam program diet. 

Dan memang ini bisa menjadi baik ketika tujuannya baik. 

Seorang wanita yang mendapati berat dan bentuk tubuhnya yang sudah tidak normal lagi melampaui batas. Lantas ia melakukan diet sehat untuk memperbaiki penampilannya agar lebih menarik di hadapan suami. Ini adalah sebuah amalan yang dapat bernilai Ibadah. Dalam hal ini adalah dua keuntungan baginya, yaitu keuntungan bisa menjadi lebih sehat karena diet, dan mendapat pahala karena ibadah menyenangkan suami. 

Atau mungkin ada seorang pria yang mendapatinya memiliki tubuh berlebih dalam berat badan. Sehingga ia merasa kesulitan untuk melangkahkan kakinya ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah. Kemudian ia melakukan berbagai macam tips diet sehat agar ia lebih nyaman dan mudah dalam ibadah ini. Maka hal ini juga minimalnya ada dua keuntungan padanya. Yaitu ia bisa meraih kesehatan dengan program diet sehatnnya, dan kedua ia mendapat pahala karena dietnya dapat bernilai ibadah karena tujuannya untuk memperbaikin ibadah. 

Juga berbagai macam contoh lainnya. Yang bisa menjadikan program diet sehat ini bisa menjadi lebih bermanfaat bagi diri seorang muslim dan muslimah. 

Diet Yang Lebih Baik Yang Kadang Terlupa

Namun tahukah kita? Ternyata ada diet yang lebih baik dan lebih membawa kebikan lagi bagi kita semua. Tapi ternyata terhadap diet ini kita sering lupa, kita sering melalaikannya. Dan jarang dari kita yang menyadarinya. 

Padahal diet ini bisa menghadang permusuhan antara satu orang dengan orang lainnya. Diet ini dapat merekatkan tali persaudaraan sesama muslim. Diet ini dapat menghindarkan dari perbuatan adu domba. Diet ini dapat menjauhkan dari seorang muslim fitnah dan kerusakan yang mungkin terjadi jika ia tidak melakukan diet ini. 

Diet Apakah Itu ? 

Diet yang lebih baik dan diet yang lebih sehat dan segudang manfaat ini adalah dengan menjadi seorang vegetarian. 

Lho kok bisa ? 

Maksud menjadi vegetarian disini yaitu dengan diet tidak memakan daging (bangkai) manusia bahkan saudaranya. 

Memangnya ada orang yang mau makan daging / bangkai manusia ? 

Jawabnya ternyata banyak. Dan mungkin termasuk kita, dan saya sendiri yang menulis ini. 

Buktinya ? 

Buktinya adalah Firman Allah di dalam Al-Qur'an berikut, 

وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Dan janganlah kalian saling menggunjing. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Hujurat : 12)

Dalam ayat tersebut diatas Allah ta'ala menyamakan seorang yang menggunjing dengan seseorang yang memakan bangkai saudaranya. 

Dengan kenyataan ini maka tentu banyak kita temua dan mungkin kita sendiri ternyata pernah memakai bangkai saudara kita. 

Maka tentu diet dengan tidak memakai daging / bangkai saudara kita ini adalah sebuah diet yang sangat baik, sangat sehat dan sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan hati kita. 

Dan inilah sebaik-baik diet yang sering terlupakan oleh kita. Diet yang utama yang di syariatkan oleh Allah Rabb semesta alam. 

Maka mari mulai sekarang juga kita giatkan diet sehat untuk tidak memakai daging saudara kita. Mudah-mudahan ini dapat menjadi sebab kebaikan bagi kita semua. Amiin. 

Abu Mumtazah 

0 komentar: