Subscribe:

Minggu, 08 Oktober 2017

Dampak Negatif dan Bahaya Selfie / Upload Foto Diri Di Internet

Dampak Negatif dan Bahaya Selfie
Masih melanjutkan tulisan sebelumnya dengan judul Bahaya Selfie dan Suka Upload Foto Diri di Medsos. Berikut beberapa point dampak negatif dan bahaya selfie dan upload foto dirinya bisa di lanjutkan pada beberapa point di bawah ini. 


  • Mengurangi Izzah dan Iffah Muslimah
Dengan seorang muslimah gemar mengupload foto diri, foto selfie nya di medos atau dunia maya ini diantara damapak negatifnya yaitu mengurangi 'izzah dan iffah nya. Dimana seorang muslim dan muslimah hendaknya selalu menjaga izzah dan iffah nya dimanapun berada. 

Seorang muslimah hendaknya selalu menjaga kesuciannya, kehormatannya dengan selalu menjaga dan menutup semua pintu keburukan baginya. Jangan sekali kali wanita muslimah membuka pintu pintu kearah kebinasaan yang membuatnya dapat terjerumus dalam sebuah kemaksiatan. 

Seorang muslim dan muslimah juga hendaknya selalu menjaga diri, manahan diri dari perkara perkara yang di haram kan Allah. Jangan pernah membuka pintu dan celah untuk masuk ke dalam maksiat kepada ALlah. KArena ini adalah hal yang membinasakan. 

Bukankah kita mengetahui bahwasannya tidaklah sebuah kebaikan itu akan mengajak kebaikan berikutnya. Begitu juga keburukan, tentu satu keburukan itu akan mengajak keburukan keburukan lainnya. Yang jika ini telah terlanjur terjadi pada diri kita, hendaknya kita putus tali keburukan ini. 

  • Mengikis Malu Yang Merupakan Perhiasan Muslimah
Bukankah seorang muslimah itu hendaknya memiliki perhiasan dengan rasa malunya. Ia di ciptakan menjadi wanita yang cantik berhias dengan taqwa. Dimanapun ia berada ia selalu menjaga malunya. Tidak sembarang manusia ajnabi bisa memandang dan menikmati perhiasannya.

Ia di cipta dengan keindahakan akhlak dan kelembutan tutur katanya. Ia di cipta sebagai mahkota yang tersembunyi dengan berbagai macam ketinggian akhlak di dalam diri. Ia selalu menjaga pandangannya, menjaga kehirmatannya, dan selalu berhias dengan rasa malu. 

Ketika seorang wanita gemar foto selfie dan upload foto diri di tempat umum. Maka lihatlah pesonyakan segera memudar. Perhiasan malunya pun akan luntur. Dan mahkota yang begitu indah indah inipun mulai menjadi barangnya mudah di pandang dan dinikmati. 

Tentu ini dapat manjadi awal dari sebuah benacana. Bencana bagi dirinya, orang di sekitarnya bahkan anak keturunannya. 

  • Mengurangi / Mengikis Muruah
Seorang muslim dan muslimah hendaknya ia menjaga muru'ahnya. Maksut menjaga muruah yaitu menjaga diri dari hal-hal yang dapat merusak martabat dan menurunkan harga diri seseorang meskipun tidak berdosa secara syara’.   

Ketika seorang muslimah mulai gemar uploa dfoto selfie diri sendiri di medsos. Maka tentu ini akan mengurangi muru'ah nya. karena kebiasaannya seperti ini dapat mengurangi bahkan merusak martabat dan harga diri khususnya seorang muslimah. 

  • Membuka Peluang Maksiat
Ketika di media sosial, di innternet, bertebaran foto foto muslimah, tentu ini dapat menjadi peluang maksiat bagi orang orang yang terdapat penyakit di dalam hatinya. Banyak hal yang sudah pernah terjadi akibat kebiasaan buruk foto selfie wanita muslimah ini. Banyak penyalah gunaan dari untuk meraup uang, pemerasan, bahkan di jadikan sarana maksiat. 

Maka tentu dengan kebisaan suka upload foto selfie diri ini bukan manfaat yang akan ia dapatkan. Namun mudhorot sajalah yang banyak yang bisa ia tuai di kemudian hari. 

  • Menyelisihi Syariat 
Telah kita ketahui seorang muslimah hendaknya tetap di dalam rumahnya kecuali jika ada keperluan. Namun jika ia gemar upload foto selfie dirinya di internet, seolah olah ia terus menerus di luar rumah dan terus menerus memamerkan pehiasannya di setiap mata yang melihatnya. Tentu ini adalah sebuah penyelisihan terhadap syariat. 

  • Dosa Jariyah 
Ketika anda menanam perbuatan yang menyelisihi syariat, dan itu terus menerus terpampang di media sosial anda. Terus menerus orang bisa menikmati maksiatnya. maka tentu dosa itupun akan terus menerus mengalir untuk anda. Walaupun mungkin ketika anda sudah tidak di dunia ini dan gambar foto anda masih tersebar di dunia maya. 

Mau memiliki dosa jariyah ini ? 

  • Tanda atau Sebab Penyakit Mental 
Hati hati keseriangan selfie, dapat menyebabkan atau mungkin bahkan menjadi tanda sebuah oenyakit kelainan psikologi seseorang. Ini di dasarkan dalam beberapa penelitian yang telah di terbitkan dalam beberapa jurnah ilmiyah. 

  • Memberikan Contoh Buruk Kepada Anak
Jika anda memiliki anak, maka kebiasaan foto selfie ini dapat memberikan dampak buru bagi anak anak anda. Tidak menutup kemungkinan jika kelak anak anak anda pun akan mengikuti kebiasaan seperti ini ketika anda tidak menghentikannya sedari sekarang. 

  • Dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin menambahkan, silahkan di tambah lagi berbagai macam dampak negatif dan bahaya suka foto selfie bagi muslimah. 

Admin