Tips Keluar Dari Riba


Tips Keluar Dari Riba
Solusi dari sebuah permasalahan merupakan hal yang paling penting ketika kita mengingatkan seseorang akan bahaya suatu hal. Begitu juga, ketika kita mengingatkan manusia dari perbuatan dosa yang sangat besar yaitu Riba. Mungkin sudah kebanyakan orang mengetahui ini riba dan itu riba, maka ketika kita mengingatkannya dari bahaya riba tentu hal yang banyak dintuntut dari peringatan kita adalah solusi keluar dari riba.  

Betapa banyak orang yang terjerat pada perbuatan riba, namun mereka tetap berkuabang di dalamnya dengan alasan tidak ada pilihan lain. Bahkan kami sendiri mendapati sebuah pernyataan yang sangat mengagetkan yang keluar dari lisan seorang muslim, bahwasannya kalau kita tidak mengambil riba (pinjaman riba) maka darimana kita bisa hidup / kita tidak bisa hidup.

Tentu ini adalah hal yang sangat mengenaskan. Ketika kita melihat manusia yang kita nasehati berkaitan dengan bahaya riba, malah justru mereka berranggapan seolah-olah riba ini adalah sebuah solusi yang dapat memberikan penghidupan baginya.

Oleh karena itu, menjadi penting memberikan solusi keluar dari riba dari pada kita hanya sekedar mengingatkannya tanpa ada jalan keluar. Maka pada artikel kali ini kami akan emberikan salah satu tips yang mudah-mudahan dapat menjadi solusi jalan keluar dari perbuatan riba khususnya bagi anda yang ingin menjadi pengusaha / pedagang.

Tips yang mudah-mudahan dapat menjadi solusi keluar dari riba ini salah satunya yaitu menjadi orang yang terpercaya.

Mengapa menjadi orang yang terpercaya ini merupakan salah satu jalan keluar dari riba? Jawabnya adalah, bahwasannya kita hidup saat ini tentu tidaklah semua orang adalah orang miskin yang tidak memiliki harta. Bahkan saat ini kita lihat sangat banyak kaum muslimin yang memiliki harta berlebih, memiliki usaha yang banyak. Tentu dengan kenyataan ini, dapat memberikan peluang bagi kita seorang muslim.

Lalu peluangnya dimana? Peluangnya adalah bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki harta berlebih tersebut.

Mungkin ada yang berargumen, mana bisa kita bekerja sama dengan orang gedean seperti itu? Bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan peluang ini? Jawabnya adalah tips yang kami sampaikan diatas, yaitu jadilah orang yang terpercaya maka anda akan dipercaya.

Mengapa kami sebutkan seperti itu? Alasannya karena ternyata masih banyak orang yang banyak harta yang masih memiliki kedermawanan yang tinggi. Hanya saja yang saat ini banyak dirasakan oleh kebanyakan orang adalah minimnya rasa kepercayaan atau dapat dikatakan krisis kepercayaan bahkan kepada sesama muslim. Betapa banyak manusia yang diberi amanah untuknya untuk mengelola sesuatu namun ternyata banyak dari mereka yang berkhianat dan tidak amanah dalam menjaganya. Dan karena hal yang demikian, maka membuat banyak orang yang mengalami krisis kepercayaan bahkan kepada sesama muslim.

Maka jika seandainya kita dapat menjadi orang yang terpercaya, dapat menjadi orang yang jujur dalam berucap dan beramal, insyaa Allah jalan keluar dari riba itu sangat mudah.

Anda ingin mendapatkan modal untuk usaha, ketika anda sudah terkenal dengan orang yang terpercaya, orang yang jujur dan amanah, maka tentu dengan mudah anda dapat mengajukan proposal hingga cair modal itu dari donatur dengan modal kepercayaan itu. Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan yang layak, pekerjaan yang baik, maka dengan modal kepercayaan seorang pemilik perusahaan anda dapat ditarik bekerja padanya. Dan ketika anda terjerat hutang yang anda berat untuk melunasinya, maka dengan modal amanah yang ada pada diri anda tentu akan mudah anda mencari solusi hutang anda selama anda masih mau berusaha.

Dan sebaik-baik contoh untuk kita teladani sebagai rujukan kita adalah Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bukankah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah seorang yang kaya raya memiliki banyak harta, namun ternyata dengan modal sebagai orang yang terpercaya, orang yang amanah, jujur, dan ini diakui oleh kaum muslimin maupun kaum musrikin, beliau dapat melakukan kerja sama bagi hasil dengan Ibunda Kaum Muslimin (ketika belum menikah) Khodijah radhiallahu ‘anha.

Tentu ini adalah teladan yang sangat baik yang seharusnya kita contoh. Mulailah sekarang juga jadi orang yang terpercaya maka insyaa Allah kelak anda akan dipercaya manusia. Dan ketika krisis kepercayaan ini sudah mulai luntur dikalangan umat muslim, maka tolong menolong dalam kebaikan antara si kaya dan si miskin akan lebuh mudah terwujud. Wallahu a’lam.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH 

0 komentar: