Antara Asap Motor dan Asap Rokok

Antara Asap Motor dan Asap Rokok
Mungkin anda pernah dengan atau pernah lihat, ketika ada yang menasehati berhenti merokok dengan menjelaskan bahaya rokok dan perbuatan dzolim para perokok aktif terhadap perokok pasif, malah justru mencari pembelaan, ngeles, dengan mengatakan lalu apa bedanya asap rokok dengan asap motor / mobil yang sama-sama mengganggu?

Kira – kira melihat komentar seperti ini apa yang anda rasskan? Lucu, aneh, atau kerasa maksain baget analoginya?

Padahal kalau seandainya mau jujur, sebenarnya mungkin yang mengucapkan itu sangat sadar apa yang ia lakukan adalah perbuatan yang salah. Bahkan karena rokok itu sampai ketingaktan haram mengkonsumsinya merupakan perbuatan yang tercela. Apa buktinya? Buktinya silahkan anak-anak kecil di sekolah TK, SD, dan selainnya di suruh merokok semuanya. Tentu akan terlihat aneh dan tercela perbuatan ini.

Lalu mengapa anda masih ingin menyamakan asap kendaraan dengana asap rokok. Sementara untuk kendaraan yang layak jalan saja ada uji emisinya, lalu bagaimana dengan perokok?

Kendaraan bermotor itu dipakai berdasarkan kebutuhan, kepentingan yang ternyata manfaatnya lebih banyak dibanding bahaya asapnya, lalu bagaimana dengan merokoknya anda? Bahkan Manfaat merokok bagi anda saja tidak ada, justru bahaya merokok nya anda ini dapat di rasakan diri anda sendiri dan semua orang di anda.

Kendaraan bermotor, baik motor roda dua atau mobil yang mengeluarkan asap (dan itu saja jarang kecuali kalau kendaraan nya ada kerusakan / 2 tak) dipakainya di luar rumah, di jalan yang jauh dari perkumpulan orang, apakah merokok juga pada tempat yang sama? Kalau mau menyamakan rokok harusnya orang yang naik motor atau mobil itu mengeluarkan asap kendaraannya di dalam rumah saja, di dalam ruangan, ditempat2 umum seperti kantor, masjid, dan selainnya, baru mungkin bisa di samakan. Tapi apakah mungkin?

Atau dibalik saja, kalau mau di samakan dengan asap kendaraan, baiknya para perokok yang ngeyel, keukeuh, tidak mau meninggalkan kebiasaan buruknya hendaknya merokoknya di jalan raya ketika berjalan saja / di tempat-tempat yang jauh dari manusia (jangan merokok dan mengeluarkan asapnya di satu tempat dan menetap).

Dan masih banyak lagi perkara lainnya yang menunjukkan sangat berbedanya mengeluarkan asap rokok dengan asap kendaraan. Mudah-mudahan hal seperti ini dapat dipahami dengan bijak menggunakan akal sehat kita masing-masing dan mengesampingkan hawa nafsu, sehingga kita bisa adil dalam menilai.

Dan sebagai penutup tulisan ini ada baiknya kami nasehatkan kepada saudara – sadara semua baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda yang masih suka menghisap rokok, mari matikan rokok anda sekarang juga, sebelum rokok tersebut menjadi perantara yang dapat mematikan anda karena racun di dalamnya atau selainnya.

Jangan lupa, mari Like Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Channel Telegram RUMAH BELANJA MUSLIM
www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com

0 komentar: