Subscribe:

Rabu, 30 April 2014

Dampak Negatif Busana Terbuka


Dampak negatif busana terbukaJika kita lihat disekitar kita, di jalan-jalan umum, di warung-warung, ditoko-toko, di pasar-pasar, bahkan di masjid sekalipun kita mendapati para wanita yang notabene adalah seorang muslimah berbusana dengan pakaian yang terbuka auratnya. 

Hampir - hampir tak lepas dari sejengkal pandangan kita, akan kita dapati hal-hal yang semisal dengan ini, yaitu wanita yang membuka aurat nya.

Yang harus di mengerti dan di fahami bagi setiap kaum wanita muslimah, bahwasannya hal yang seperti ini (aurat terlihat) mungkin terlihat biasa di sekitar kita, mungkin terasa biasa bagi pelakunya atau bahkan ada yang bangga menampakkan aurat dan kecantikannya, padahal itu semua adalah sebuah perbuatan maksiat kepada Allah ta'ala yang menciptakan kita.

Hal ini juga perlu di fahami oleh setiap bapak, oleh setiap orang tua, oleh setiap suami. Bahwasannya anak perempuan mereka yang membuka aurat, istri mereka yang membuka aurat itu pasti kelak akan di tanyakan kepadanya. Bagaimana mereka telah mendidik anak dan istri mereka, bagaimana mereka telah berupaya menjaga dirinya dan keluarga dari ancaman api neraka. 

Perlu juga di ketahui oleh setiap kita, bahwasannya setiap perbuatan dosa, perbuatan maksiat itu akan berdampak pada turunnya keimanan seorang muslim. Karena diantara keyakinan ahlussunnah adalah meyakini bawasannya iman itu bertambah dan berkurang. Dan diantara penyebab berkurangnya iman seseorang yaitu dengan berbuat maksiat kepada Sang Pencipta. 

Tidak sampai di situ saja, bahkan perbuatan membuka aurat di tempat umum, atau menampakkan aurat di muka umum, atau menampakkan sebagian kecil atau besar aurat di depan umum ini dampaknya sangat luas. 

Perbuatan ini tidak hanya berdampak pada diri pelakunya saja. Bahkan orang tua, suami, dan orang - orang di sekeliling mereka dapat terkena dampak perbuatan negatif tidak menutup aurat dengan benar ini. 

Begitu juga bagi anak - anak nya, bagi anak - anak muslim yang seharus nya mereka tidak melihat hal - hal yang seharusnya tidak dilihat. Karena dengan kerelaan hati pada wanita yang membuka aurat ini akhirnya anak - anak kecil sudah melihat apa yang seharusnya tidak ia lihat. 

Dan tentu ini akan menjadi sebuah contoh, sebuah pendidikan yang buruk bagi anak - anak muslim. Entah itu anaknya sendiri atau anak muslim pada umumnya. Karena bisa jadi kelak anak ini meniru apa yang dilakukannya, atau bahkan mereka berfikir dewasa belum pada waktunya. 

Maka hendaknya setiap kita menyadari maksiat ini. Bahwasannya maksiat yang terlihat biasa di sekitar ini, imbasnya sangat luas, entah untuk dirinya sendiri sebagai seorang wanita, untuk para laki-laki muslim, untuk anak-anak nya atau anak muslim pada umumnya dan juga untuk lingkungan sekitarnya. 

Untuk sedikit mengenal apa saja dampak negatif busana terbuka / tidak menutup aurat dengan benar ini, maka di bawah ini sedikit kami sampaikan beberapa poin pengaruh negatifnya dari beberapa sisi. 

1.    Dampak negatif bagi wanita muslimah

Dampak bagi seorang wanita ketika ia mengenakan busana yang tidak syar’i, mini dan tidak menutup aurat dengan benar, diantaranya yaitu mengurangi iman, terancamnya keselamatan dirinya dari berbagai macam kejahatan, dan turunnya harga diri seorang wanita yang membuka aurat.

Tentang berkurangnya keimanan telah di singgung pada paragraf bagian atas. Sedangkan tentang terancamnya kemanan seorang muslimah yang pakai busana terbuka ini sudah jelas. Berapa banyak tindak kejahatan yang terjadi terhadap wanita karena berawal dari perilaku wanita yang membuka aurat. 

Para laki - laki yang lemah dalam iman, di dalam hatinya ada penyakit, tentu ketika melihat wanita yang terbuka aurat nya akan terlintas dan terfikirkan di dalam otaknya berbagai macam pikiran kotor. Yang semakin rendah iman seseorang, maka semakin parah godaan dalam dirinya, yang mungkin jika ada kesempatan perbuatan kejahatan itu bisa saja mereka lakukan.

Begitu juga diantara dampak negatir membuka aurat di tempat umum bagi wanita yaitu berkurangnya nilai seorang muslimah di hadapan manusia. Kehormatan seorang wanita akan turun ketika ia umbar auratnya. Maka tidak heran jika di sebagian kita ada yang beranggapan wanita yang pakai pakaian mini identik dengan wanita yang kurang benar "nakal". 

Dan para lelaki pun lebih leluasa dan banyak menggoda wanita yang aurat nya terbuka ketimbang wanita yang menutup aurat (hukum umumnya). Ini juga merupakan fakta tentang dampak negatif dari membuka aurat bagi wanita.

Tentu hal - hal seperti ini sangat merugikan bagi wanita itu sendiri. Namun mengapa banyak dari kita yang belum menyadari hal ini. Ini adalah pertanyaan sekaligus hal yang harus kita jawab dan kita tanggulangi bersama. Karena tenyata banyak dari para wanita yang membuka aurat ini ternyata ia seorang muslimah. 

2.    Dampak negatif bagi laki - laki

Sedangkan dampak bagi kaum laki-laki dari perbuatan pamer aurat ini juga dapat menurunkan keimanan ketika seorang muslim tidak mampu menahan pandangannya. Karena setiap kita di perintahkan untuk menundukkan pandangan. Ketika mata seorang lalai munduk dari hal - hal yang haram, maka ini adalah awal hati terkotori dan dapat melemahkan iman seseorang. 

Selain itu, dampak negatif wanita membuka aurat bgai laki - laki yaitu akan memberi dan menambah peluang perbuatan kejahatan / kekerasan seksual baik pemerkosaan atau pelecehan.

Hal ini juga dapat menambah dan memperkuat peluang seseorang berzina. Akibat dari aurat yang di umbar, maka dapat meningkatkan syahwak bagi orang di sekitarnya. Dan di lengkapi dengan pergaulan bebas, maka semakin mudahlah terselanggaranya perzinahan itu, seperti kumpul kebo free sex dan semisalnya. 

Diantara dampak lainnya dari wanita yang membuka aurat bagi lawan jenisnya yaitu dapat membuka lebar peluang perselingkuhan. Alasannya sama seperti diatas. 

Maka hendaknya setiap kita tetap bertahan dari menahan pandangan terhadp perkara - perkara yang haram ini. 

Apalagi sekarang begitu mudah kita dapati berbagai macam posye tak senonoh di depan kita, di sekitar bahkan di tangan kita (smart phone) tanpa harus di cari. 

Semoga Allah melindungi kita dan menyelamatkan kita dan keluarga kita dari berbagai macam keburukan dan kerusakan ini. Aamiin. 

3.    Dampak negatif bagi anak-anak

Untuk dampak negatif perbuatan wanita membuka aurat di tempat umum bagi anak-anak yaitu dapat merusak akhlak mereka, merusak moral, mental dan merusak pendidikan mereka. 

Bagaimana tidak, mereka semenjak kecil di suguhi dengan tontongan tontongan yang memperturutkan syahwat. Mereka sedari kecil di suguhi pemandangan - pemandangan yang dapat merusak akhlak dan moral. 

Anak kecil ketika melihat sesuatu ia akan merekam apa yang ia lihat menjadi sebuah memori yang tersimpan di dalam fikirannya di sadari ataupun tidak di sadari. 

Ketika seorang  anak terbisa melihat kemaksiatan yang dianggap biasa, yang di dikhawatirkan kelak ia akan menirunya tanpa tahu dan sadar bahwa itu adalah perbuatan maksiat yang terlarang.  Karena sedari kecil ia melihat perbuatan itu adalah sebuah perbuatan yang lazim yang seolah - olah perbuatan biasa tidak ada kesalahan di dalamnya. 

Dalam keadaan seperti ini tentu perbaikannya akan lebih sulit. karena dalam diri anak sudah tertaman nilai - nilai yang kurang baik dalam jiwanya. Karena sedari kecil ia di suguhi dan di jejali contoh - contoh buruk. 

Dain tidak meenutup kemungkinan dampak negatif seperti yang kami sebutkan pada pint sebelumnya pun akan terjadi pada anak. 

Ternyata kita lihat ini benar terjadi. Betapa sedih, miris, dan tak sanggup berkata kata ketika di sebuah daerah di beritakan seorang anak SD telah menghamili anak SMP. 

Tentu kejadian ini bukanlah terjadi begitu saja. Namun ada sebab - sebab yang mendorong anak berbuat seperti itu bukan pada waktunya. 

Mereka mengetahui tentang hal hal yang seharusnya dalam masa bimbingan orang tua. Ditambah syahwat yang di pertontonkan oleh orang dewasa. Belum lagi efek gadget yang begitu buruk dan tidak tersaring. dan banyak hal lainnya. 

Kita berlindung kepada Allah ta'ala dari perkara - perkara yang merusak anak - anak kita. Semoga kita dan keluarga kita di selamatkan dari berbagai macam fitnah dan kekacauan, rusaknya akhlak, mental, dan akidah di lingkungan sekitar kita. Amin. 

4.    Dampak negatif bagi lingkungan

Sedangkan dampak negatif dari perbuatan wanita membuka aurat ini bagi lingkungan adalah tersebarnya bencana-bencana yang disebabkan perbuatan maksiat yang sudah merata. Karena bahwasannya Allah menurunkan adzab di dunia diakibatkan oleh perbutan dosa-dosa anak adam.

Dan masih banyak lagi dampak negatif wanita yang membuka aurat / berbusana terbuka ini. Yang mungkin akan sangat panjang jika di rinci dan di tulis satu persatu.  

Oleh karena itu hendaknya seorang muslim dan muslimah menyadari akan berbagai macam bahaya ini. yaitu bahaya yang tidak hanya mengancam dirinya, juga keluarga, anak - anak nya bahkan lingkungan dimana ia menghirup udara. 

Kita harus selalu waspada dari berbagai maca jerat - jerah dan tipu daya syaiton. Dan kita juga harus menahan dari berbagai macam ajakan ajakan syahwat yang buruk. Karena dua sumber inilah diantara faktor terbesar dari berbagai macam kerusakan. 

Mari hentikan dan jangan perturuti ajakan syaiton untuk berbuat maksiat dengan membuka aurat dan selainnya. Mari kita tahan diri kita dari perbuatan memperturutkan syahwat. 

Mari kita mulai perbaikan pada diri kita sedikit demi sedikit, kita kenakan busana yang syar'i yang menutup aurat dengan benar. Karena berbusana syar'i merupakan kebutuhan pokok bagi setiap muslim dan muslimah, dan ini lebih menjaga kehormatan bagi kita semua. Dan menutup aurat ini adalah perintah dari Rabb Sang pencinta kita. 

Hendaknya bagi siapa saja yang menginginkan hak nya terpenuhi, ia harus perhatikan kewajibannya kepada Allah penciptanya. Wallahu a'lam. 

Like Fanpage FB kami RUMAH BELANJA MUSLIM
Add Akun Facebook kami di RUMAH BELANJA Whyluth
Follow akun IG kami @RumahBelanjaMuslim