Gamis Syar’i Modis

Gamis Syar’i Modis
Ketika berbicara mengenai gamis syar’i, hampir di pastikan bahwasannya pembahasannya berkaitan dengan gamis yang layak di pakai oleh muslimah ketika di luar rumah. Yaitu layak sesuai / mencocoki aturan berbusana bagi muslimah di dalam Islam. Pada gamis nya tidak terdapat unsur-unsur yang dilarang di dalam syariat Islam dan memenuhi syarat-sayarat busana / gamis syar’i.

Berkaitan dengan gamis syar’i, kita dapati saat ini sangat populer busana muslimah dengan label ini. Bahkan mungkin sudah hampir menjadi tren yang banyak diminati oleh muslimah. Hal ini adalah hal yang patut kita syukuri dengan minat yang begitu besar seorang muslimah untuk berbusana gamis syar’i.

Tidak asing juga bagi kita belakangan, karena sudah mulai ngetrennya busana gamis syar’i ini di kalngan muslimah dan para pedagang akhirnya tidak cukup pada penamaan gamis syar’i saja, kita lihat saat ini juga bermunculan istilah gamis syar’i dengan label tambahan seperti gamis syar’i modis, gamis syar’i cantik, atau gamis syar’i dengan tambahan label nama-nama artis yang sedang populer mengenakan gamis syar’i dan jilbab yang panjang-panjang.

Akhirnya dengan label-label ini fokus utama muslimah dalam memakai gamis yang tadinya fokus kepada syar’inya model gamis, beralih kepada label akhir istilah tersebut. Seperti label gamis syar’i modis, walaupun ada penamaan syar’i dalam gamis tersebut namun kita dapati produk-produk dengan label gamis syar’i modis ini tidak lagi satu-satunya tolok ukur model gamisnya pada ketentuan syariat Islam, namun sedikit berbelok kepada mode yang sedang tren yang dibawakan oleh salah satu figur artis yang populer. Dari sinilah akhirnya muncul keinginan berbusana gamis syar’i namun tetap modis dan terlihat cantik di tempat umum, atau bahkan begamis syar’i agar terlihat mirip artis yang terlihat cantik dan menarik.

Dan inilah akibat dari ikut-ikutan tren. Maka benarlah anjuran di dalam Islam, bahwasannya wajib bagi seorang muslim dan muslimah untuk berilmu dulu sebelum beramal. Sehingga keingan beramal sholih itu bukan berdasar pada sekedar ikut-ikutan kebanyakan manusia, namun benar-benar di dasai oleh pengetahuan dan ilmu yang jelas bersumber dari Islam. Tidaklah dikatakan amalan itu berkualitas kalau hanya sekedar ikut-ikutan kebanyakan manusia, namun amalan yang berkualitas itu di bangun diatas ilmu yang bersumber dari Agama, dari dalil-dalil yang jelas dan kuat.

Maka setelah kita mengilmui bagaimana para ulama menjelaskan tentang busana muslimah beserta dengan syarat-syaratnya yang disertai dengan dalil-dalil yang jelas sumbernya, tentu tidak akan muncul keinginan kita (muslimah) untuk berbusana, memakai gamis syar’i agar tampak menarik dan cantik di depan umum. Hal ini karena kita mengetahui terhadap larangan Islam untuk bertabarruj, dandan, bersolek menpercantik diri didepan umum, di hadapan mata-mata yang tidak halal untuk memuja kecantikan seorang muslimah. Maka hendaknya jangan kau bantu syaitan untuk menghias hiasi wanita ketika keluar rumah dengan tujuan membuat fitnah di kalangan para laki-laki.

Dan perlu diketahui, ini bukanlah larangan mutlak bagi wanita muslimah untuk tidak boleh tampil cantik dan menarik. Bahkan tampil cantik dengan berbusana gamis syar’i yang modis yang menarik, ini dapat berminai ibadah ketika niat, cara, dan tempatnya benar. Begitu juga sebaliknya, ketika tampil cantik dengan gamis syar’i modis, seksi, akan berujung bencana ketika niat, cara dan tampatnya salah.

Lalu dimana tempat yang benar dan dapat bernilai ibadah untuk wanita muslimah ketika tampil cantik dengan berbagai macam gamis modisnya? Tentu jawabnya anda sudah mengetahuinya, yaitu di rumah anda, dihadapan suami anda. Karena ia (suami) adalah orang yang halal untuk menikmati keindahan seorang istri dan kecantikan Istri. Jangan sampai terbalik, anda mengumbar kecantikan dan keindahan tubuh anda di depan orang-orang yang haram untuk menikmatinya, namun sebaliknya anda tampilkan penampilan yang buruk dihadapan orang yang berhak mendapatkan kecantikan dan keindahan anda dengan berpenampailan seadanya, kucel kumel, dan kurang merawat diri.

Oleh karena itu, hendaknya kita dapat menjadi orang yang bijak dalam beramal. Yaitu bijak dapam menempatkan sesuatu pada tempatnya, yaitu khususnya dalam hal memakai gamis syar’i bagi muslimah. Pakaian pakaian terbaik anda di depan orang-orang yang halal bagi anda, dan pakaian pakaian gamis terbaik yang menutup perhiasan anda di hadapan orang-orang yang haram nenikmati keindahan dan keelokan tubuh anda. Wallahu a’alam.

www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com 

0 komentar: