Busana Syar'i Modern

Busana Syar'i Modern
Belakangan populer busana muslimah dengan berbagai model yang disebut-sebut sebagai busana syar’i. Jika di lihat maksut dari label busana syar’i ini tentu langsung kita akan memahami bahwasannya busana ini adalah busana yang model dan segala macamnya ukurannya adalah syariat Islam. Sebagaimana kita dapati saat ini berbagai macam bank dengan label bank syariat, maka dapat kita pahami maksut syariah disini adalah bank yang sistemnya menyesuaikan dengan sistem syariat Islam.

Kita juga saat ini mendapati ada penyebutan di pasar busana muslimah dengan label busana syar’i modern. Dan ternyata ini cukup banyak diminati dan di cari oleh kaum muslimah disekitar kita.

Jika dilihat dari penamaannya yaitu busana syar’i modern, maka sekilas kita akan menyangka bahwasannya yang diinginkan dari busana model ini adalah busana yang dengan model yang syar’i namun terlihat modern.

Jika dilihat dari makna kata modern, di dalam KBBI di dapati makna modern adalah sesuatu yang mutahir, terbaru atau cara berfikir dan bertindak sesuai dengan tuntunan zaman. Maka jika digabungkan busana modern, maka didapati maknanya adalah busana yang model dan segala macamnya terbaru, mutakhir, yang acuannya adalah berdasarkan tuntunan zaman.

Maka jika digabungkan busana syar’i dengan busana modern ini maka didapti maknanya adalah busana yang modelnya syar’i sesuai dengan tuntunan Syariat Islam, namun tetap berkesan dan terlihat modern, terbaru sesuai dengan apa yang sedang populer di zaman ini.

Dari pengertian ini maka kita akan mendapati dua makna yang dapat bertentangan yaitu makna busana syar’i yang ukuran dan ketentuannya dasarnya adalah Syariat Islam, sedangkan busana modern jika dilihat maknanya dari KBBI maka ketentuannya adalah tuntunan zaman. Disini maka terdapat dua hal yang salah satunya harus dikalahkan dan salah satunya di utamakan.

Dalam hal ini, hendaknya seorang muslimah dapat memilih busananya dengan lebih arif lagi, karena seorang muslimah itu memiliki agama yang dimanapun ia berada harus ia pegang dan ia ikuti aturannya, maka hal yang harus diutamakan dalam berbusana syar’i ini adalah syariat Islam. Karena busana yang sesuai dengan syariat Islam ini tidak akan pernah ketinggalan zaman, cocok di setiap waktu, di setiap masa, dan di setiap zaman. Mau di model-model bagaimanapun jika ketentuan utamanya adalah syar’i / syariat Islam, maka bagaimanapun busana itu bermodel maka tetap akan sesuai dengan zamannya. Maka sebenarnya tidak ada namanya busana syar’i yang ketinggalan zaman, karena jika dilihat ketika keluar rumah, maka kita akan dapati dimanapun muslimah terlihat busananya polos dan simpel tidak ada unsur tabarruj yang dilarang dalam Islam.

Oleh karena itu, saat ini setiap muslimah mendapat dua pilihan, apakah ia akan menjadi Hamba ALLAH yang ketaatan dan ketundukannya adalah syariat Allah (Islam), ataukah ingin menjadi HambA zaman / Hamba masa yang ketaatan dan ketundukannya utamanya adalah bukan kepada Allah dan syariat-Nya, namun ketundukan dan ketaatannya adalah kepada zaman / masa yang sedang berlaku dan ini tentu akibatnya bisa berbahaya bagi agamanya.

Sekarang mari kita pilih, busana syar’i yang sesuai dengan setiap zaman, ataukah mengotak-atik busana syar’i agar sesuai zaman walaupun harus melanggar aturan syar’i itu sendiri. Jika yang kita utamakan syariat Allah, maka tentu busana syar’i yang benar-benar sesuai syariat Allah walaupun mungkin kesannya ketinggalan zaman karena memang zamannya sedang tren model busana dengan berbagai macam kekacauan dan kerusakan, ataukah ingin mengutakan busana modern yang sesuai apa yang sedang tren di zaman sekarang.

Dan ternyata dalam Agama ini kedua pilihan diatas bukanlah pilihan yang bebas bagi kita memilihnya. Namun ketantuan Agama ini adalah ketentuan yangb mengikat dan tidak ada pilihan kecuali harus mengikuti syariat Islam di setiap zamannya. Wallahu a’lam.

Fanpage RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH

0 komentar: