Subscribe:

Selasa, 30 Agustus 2016

Tips Aman Belanja Online

Tips Belanja Online Aman

Belanja Online 

Belanja online saat ini sudah menjadi satu pilihan belanja mudah dan praktis bagi masyarakat kita. Tidak perlu keluar rumah, cukup buka komputer, android sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Dari produk pakaian, elektronik, kendaraan, bahkan makanan ringanpun sudah tersedia lengkap di internet.

Namun terkadang ketika akan belanja online ada satu kendala atau ganjalan. Yaitu kekhawatiran kita tertipu ketika belanja online. Karena memang begitu banyak cerita dan komentar yang kita dapati mengenai penipuan belanja online.

Maka untuk memperkecil risiko kita tertipu saat belanja online diperlukan tips-tips dan kiat-kiat khusus sebelum melakukan deal pembelian barang dengan penyedia barang. Diantara kita-kiat atau tips belanja online agar tidak tertipu dapat kami sampaikan dalam beberapa point berikut,

Teliti alamat penyedia barang (toko online)

Mengetahui alamat lengkap sebuah toko online ini merupakan tips yang cukup penting agar tidak tertipu belanja online. Lalu bagaimana cara mengetahui alamat sebuah toko online ini ada atau tidak?

Salah satu caranya yaitu dengan mamanfaatkan bantuan google maps. Untuk toko online yang sudah cukup lama eksis menjual barang melalui online biasanya walaupun mungkin belum / tidak memiliki toko offline, di google maps ada tanda lokasi alamat yang bersangkutan.

Dengan menyertakan alamat / lokasi di google maps ini menandakan keseriusan sebuah toko online dalam menjalankan bisnisnya.

Maka ketika anda akan belanja online dan ternyata tempat belanja anda lokasinya tercantum di maps, ini merupakan salah satu tanda positif bagi anda untuk melakukan transaksi jual beli.

Hati-hati barang harga murah

Siapa yang tidak mau belanja sebuah barang dengan harga yang murah? Tentu semua orang mau, apalagi kalau harganya jauh di bawah harga pasaran.

Namun justru hal ini harus diwaspadai ketika anda akan melakukan belanja online. Bisa jadi barang dengan harga super murah dibawah pasaran tersebut hanya fiktif, atau barangnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, atau mungkin hanya kedok saja untuk melakukan penipuan.

Maka ketika anda mendapatkan penawaran barang dengan harga yang sangat murah, hendaknya berhat- hati. Jika anda dimintai datang seperti ID / Pasword ada baiknya anda croscek penawaran tersebut ke perusahan yang bersangkutan.

Periksa testimoni pelanggan

Ada baiknya ketika anda akan belanja online di sebuah toko, anda mencari testimoni pelanggan terhadap produk di toko tersebut. Anda bisa searching testimoni pelanggan melalui google, bing, yahoo atau selainnya.

Perhatikan cara pembayaran

Pertimbangkan cara pembayaran ketika anda deal belanja online di sebuah situs. Apakah pembayaran tersebut aman atau tidak. Jika ada pilihan pembayaran melalui pihak ke tuiga, maka anda dapat memilihnya, namun jika tidak ada, maka anda dapat melihat reputasi penjual online ini. Apakah ia terpercaya atau tidak.

Jika lokasi anda dekat dengan alamat toko online penyedia barang tersebut, maka anda dapat melakukan pembayaran dengan cara COD atau mendatangi alamat yang tercantum pada situs toko tersebut.

Jika toko online tersebut memiliki sebuah akun di medsos seperti facebook atau selainnya, ada baiknya ada crosscek pertemanan / akun-akun yang melike toko tersebut, apakah akunnya sesuai cocok dengan apa yang dijual atau tidak.

Contohnya ketika ada halaman / akun medsos yang berjualan busana muslimah bercadar, maka jika kebanyakan pertemanan akaun / yang melike halamannya adalah anak gaul yang membuka aurat, yang suka menampakkan maksiat, ini dapat menjadi tanda negatif bagi anda.

Gunakan antivirus pada perangkat

Ada baiknya ketika anda transaksi menggunakan PC / Smarphone yang sudah dilengkapi antivirus dan anti malware. Karena jika perangkat yang digunakan tidak dilengkapi hal tersebut bisa jadi ancama virus atau mallware dapat mengancam data-data pribadi anda.

Berlangganan dengan toko online

Ketika anda pernah belanja online dan berhasil, produk puas, pelayanan bagus, ada baiknya anda berlangganan dengan toko online tersebut. Karena hal ini akan mengurangi risiko penipuan. Dan biasanya sebuah toko online akan memberikan nilai plus pada pelanggan yang loyal. Bisa jadi anda dapat diskon, atau hadiah – hadian lainnya dari toko tersebut.

Tanyakan garansi

Untuk belanja online lebih aman, ada baiknya anda tanyakan garansi pengiriman barang. Artinya jika barang tidak sampai, barang rusak, barang tidak dapat dipakai apakah uang bisa dikembalikan atau tidak. Jika tidak ada garansi maka anda harus mempertimbangkan ulang untuk belanja di toko tersebut.

Simpan bukti transaksi / bukti pembayaran

Ketika anda deal melakukan jual beli di sebuah situs toko online, maka hendaknya anda simpan bukti transaksi tersebut, jika bukti ada di PC / Smartphone baik berupa percakapan / tansaksi melalui web e commerece maka anda dapat melakukan screenshot bukti transaksinya. Begitu juga setelah melakukan pembayaran, ada baiknya anda foto bukti strok pembayaran anda sebagai bukti sah penyerahan uang kepada toko.

Pilih jasa ekspedisi yang ada di sekitar anda

Dan tips terkahir yang dapat anda pertimbangkan untuk belanja online aman agar tidak tertipu adalah memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang ada di sekitar anda. Sehingga meminimalisir kesalahan alamat ketika mengirim barang, dan anda lebih mudah untuk cresscek kiriman barang.

Demikian beberapa tips belanja online aman agar tidak tertipu oleh toko online fiktif. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi kita, dan dapat mengurangi kasus-kasus penipuan melalui jual beli online.

Dan mudah-mudahan dengan tips-tips belanja online ini membuat anda tidak lagi khawatir dan risau untuk belanja online.

Lik Fanspage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM
Channel Telegram RUMAH BELANJA MUSLIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar