Akad Salam, Solusi Modal Usaha


Solusi Modal UsahaJika kita kita membaca berbagai macam buku-buku motivasi, maka akan kita dapati banyak cerita inspiratis mengenai kisah sukses seseorang dalam usaha. Cerita sukses dimana kebanyakan dari pengusaha ini memulai usahanya dari nol.  

Hal ini akhirnya menjadi motivasi para pemuda untuk semangat memilih jalan wirausaha dalam hidupnya. Mereka berbondong-bondong merubah pola pikir, menjadi karyawan berubah jadi menjadi pengusaha sukses.

Namun terkadang ketika semangat memulai usaha ini telah ada, banyak diantara kita bingung pada permasalahan modal usaha. Dan ternyata hampir di kebanyakan calon pengusaha muda ini banyak terbelenggu pada jeratan susah mencari modal atau tidak memiliki modal untuk memulai usahanya.

Bahkan permasalahan modal usaha ini juga tidak hanya terjadi pada calon-calon pengusaha yang ingin memulai usahanya. Namun para pengusaha yang telah berjalan itupun, tidak jarang dari mereka yang masih saja terus kesulitan modal usaha. Hanya bedanya, ketika akan memulai usaha itu masalahnya kesulitan modal untuk memulai usaha, sementara bagi yang sudah mulai usaha biasanya itu terdapat kesulitan pada modal untuk mengembangkan usaha.

Itulah problematika seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya. Maka masalah dan kendala-kendala terus ada di spanjang jalannya. Entah masalah modal, masalah pelanggan, dan masalah yang paling banyak terjadi adalah terjerumus dalam hal-hal yang di larang dan haram dalam Islam. Seperti permasalahan riba dalam mencari modal, riba dalam system jual beli, menggunakan system ghoror, mlm, sampai pada tingkat penipuan kepada pelanggan.

Oleh karena itu, Islam ini datang sebagai Agama yang merupakan rahmat bagi seluruh alam. Segala macam aturannya, dari permasalahan akidah, akhlak, fiqh, adab, sampai muamalah antara manusia dengan manusia, system usaha dan lainnya telah diatur dan dijelaskan dalam Islam. Islam melindungi umatnya dari berbagai macam ketidak adilan, seperti ketidak adilan dalam system riba, ghoror, pengambilan harta yang tidak melalui jalan yang haq dan lain sebagainya.

Maka sebagai seorang muslim, hendaknya ia mempelajari Agamanya dengan baik untuk dapat mengatasi segala problematika dalam hidupnya, terkhusus dalam hal ini adalah permsalahan usahanya. Hendakanya pedoman seorang muslim dalam menjalankan usaha adalah pedoman Islam dengan berbagai macam hukum-hukum yang harus diaati oleh seorang muslim.

Dalam hal permsalahan kesulitan modal dalam memulai atau mengambangkan usaha, maka Islam telah meberikan salah satu sulusi untuk dapat diterapkan dalam usaha kita. Solusi ini yaitu berupa akad Salam yang membolehkan seseorang menerima pesanan barang tertentu dengan pembayaran lunas dimuka.

Akad Salam ini dapat menjadi solusi bagi para pengusaha muslim yang mengalami kesulitan dalam usahanya. Ketika ia tidak memiliki modal untuk memulai usaha, maka mereka dapat memberikan layanan pengadaan barang dengan deskripsi yang jelas, barang yang jelas, jenis yang jelas, dan waktu penyerahan barang yang telah ditentukan. Dengan menggunakan skema akad Salam ini, pembeli / pelanggan membayar barang yang ia pesan di muka secara lunas kepada pengusaha.

Pada akad salam ini tidak di syaratkan penerima pesanan adalah produsen atau pemilik barang. Penerima pesanan / pengusaha dapat mengadakan barang ini dari produk lain / produk orang lain, selama ketentuan-ketentuannya terpenuhi dalam akad salam. Untuk lebih lengkap mengenai prosedur dan dalil – dalil serta keterangan ulama berkaitan dengan akad Salam ini dapat di cek pada artikel Mengenal Seluk Beluk Jual Beli Salam. 


Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya, apa akad ini tidak merugikan salah satu pihak? Jawabnya, tidak. Justru dengan skema akad salam ini memberi peluang keuntungan bagi masing-masing pihak, baik penjual / pengusaha, ataupun pembeli sebagai customer.

Lalu diamana keutungannya? Keutungan pihak customer atau pemesan barang yaitu bahwa ia bisa mendapat harga murah di saat ini, jika dibandingkan ketika  pembeli membutuhkan barang ini keesokannya. Sedangkan keuntungan bagi penjual adalah bisa mendapat suntikan modal yang dapat ia putarkan dulu sampai ketika kelak jatuh tempo penyerahan barang. 

Mari like fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM 
Akun Facebook Kami di RUMAH BELANJA Whyluth 

0 komentar: