Pentingnya Pendidikan Islam Untuk Anak


Mendidik anak adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Dan setiap orang tua muslim sudah seharusnya membekali anak-anaknya dengan pendidikan islam sedini mungkin. Karena dengan memberikan pendidikan Islam sejak dini kepada anak, maka sang anak dalam perkembangannya tidak asing dan aneh dengan syariat Islam yang diterapkan dalam keseharian.

Pembahasan ini di dasari pada pengalaman penulis saat berada di tempat berkumpulnya orang-orang termasuk di dalamnya banyak anak-anak bermain. Pada waktu itu penulis sedang berjalan dengan Istri dan anak. Dan saat di jalan ada beberapa anak sedang bermain-main dan saat melewatinya, anak - anak tersebut mengatakan ada setan lewat. Masyaa Allah, saat kami mendengarnya sangat kaget.

Kekagetan kami ini di dasari pada kesadaran bahwa ternyata mental-mental anak-anak ini telah terbangun dengan jalan yang salah. Hal ini sangat terlihat dari pengalaman kami. Ketika anak-anak tersebut melihat wanita berpakaian tetapi pada hakikatnya telanjang, mereka tidak mencibir, mereka terbiasa melihatnya, dan merasa hal itu bukanlah keanehan dan kesalahan. Tetapi ketika melihat seorang wanita yang lewat di sekitarnya mengenakan pakaian gelap-gelap, jilbab yang panjang dengan model yang polos, mereka mengatakan ada setan lewab. Naudzubillah. Mudah-mudahan anak-anak kita tidak termasuk di dalamnya.

Hal ini terjadi kerena memang anak-anak muslim saat ini, banyak yang tidak mendapatkan pendidikan Islam secara benar. Sehingga mereka melihat orang yang menjalankan syariat Islam dianggapnya setan, dan orang yang berpaling dari syariat Islam dan tidak melaksanakannya adalah hal yang baik dan biasa saja. Dan inilah bentuk kurangnya mendidik anak secara Islami dari orang uta, yang akhirnya anak-anak muslim ini di didik oleh lingkungan yang sudah terlanjur kacau. 

Tentu sebagai orang tua, kita tidak mengharapkan hal yang seperti ini. Maka sebelum anak sudah memiliki pemahaman yang salah, makamendidik anak secara islami dengan pemahaman yang benar adalah dasarnya. Jika anak bisa di tanamkan bahwa ukuran atau tolok ukur sesuatu yang baik atau buruk itu adalah turan syariat Allah, maka mereka tidak akan menilai sesuai berdasarkan kelayakan pada umumnya, atau apa yang biasa ia lihat pada umumnya.

Jika anak-anak muslim di awal usianya sudah sinis dan anti dengan syariat Islam, bagaimana besak ia terus berkembang menjadi seorang yang dewasa. Bisa jadi ia seorang yang muslim tetapi anti Islam. Maka disinilah pentinganya pendidikan Islam bagi setiap anak muslim. Karena seorang anak itu di lahirkan dalam keadan fitrah atau muslim / Islam, dan orang tuanyalah yang kelak bisa me Yahudikan atau me Nasranikannya. Maka jika kita orang tua yang beragama Islam, wajib mengajarkan agama Islam yang benar ini kepada anak, agar mereka kelak tidak asing dengan aturan Islam, mereka tidak merasa berat dengan aturan Islam, karena memang syariat Islam ini mudah bagi siapa saja yang di beri petunjuk dan hidayah Allah. Dan mudah-mudahan kita termasuk dalam orang – orang yang mendapat petunjuk dan hidayah Allah tersebut.

Kita berdoa setiap hari minimal 17 kali dalam sholat 5 waktu. “Ya Allah, tunjukillah kami jalan yang lurus, Yaitu jalannya orang-orang yang Engkau berikan nikmat atas mereka, Bukan jalannya orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.” Maka mudah-mudahan kita dan anak-anak muslim diberi taufik untuk meniti jalan yang lurus, dan di jauhkan dari orang-orang yang dimurkai, yaitu orang yang sudah mengetahui kebenaran akan tetapi tidak mau mengamalkannya, dan orang-orang yang sesat yaitu orang yang tidak mengamalkan kebenaran karena kebodohan dan kesesatan mereka. wallahu a’lam. 

Mari like Fanpage kami di RUMAH BELANJA MUSLIM

Ingin berbagai produk busana muslim yang syar'i? Cek langsung aneka modelnya hanya di Rumah Belanja Muslim berikut : 
Mari berbelanja di Rumah Belanja Muslim, Insyaa Allah kami berikan yang terbaik untuk anda. 


0 komentar: