Wahai Suami, Jagalah Perhiasan Anda!

Wahai Suami, Jagalah Perhiasan Anda
Ketika kita memiliki sebuah harta benda, perhiasan, atau kendaraan yang mewah sudah merupakan sesuatu yang wajar jika kita selalu menjaganya, merawatnya agar jangan sampai rusak, hilang, atau di curi orang. Kita menyimpannya dengan rapi hingga hanya kita sendiri saja yang mengetahuinya, dan bahkan kita harus membeli berangkas untuk menyimpannya atau menyewa satpam untuk menambah ketat penjagaan terhadap barang-barang berharga tadi. 

Namun seketat apapun penjagaan kita terhadap barang-barang berharga tersebut, takdir berkata lain, ternyata suatu saat barang-barang berharga, dari perhiasan, herta benda, mobil mewah itu hilang atau rusak. Betapa sedih perasaan kita ketika melihat harta yang kita kumpulkan dengan jerih payah hilang atau rusak dalam sekejap mata. Terkadang tidak jarang kita lihat banyak juga orang-orang yang sampai stress dan juga gila karena kehilangan harta benda berharganya.

Tetapi, sebuah fenomena yang cukup aneh, ternyata untuk harga benda dunia kita begitu apik, begitu cermat dalam menjaganya, namun untuk harta dan perhiasan yang dapat menghantarkan kita kepada kebahagiaan akhirat kita sangat cuek, acuh dan tidak menjaganya dengan baik.

Kita ketahui bersama, seorang istri adalah perhiasan dan harta yang paling berharga bagi setiap suami. Namun berapa banyak para suami yang tidak menyadari ini. Mereka mereladakn diri-diri mereka menjadi orang yang dayuts yang ancamannya kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan dilihat Allah dengan pandangan kasih sayang pada hari akhir nanti.

“Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts…” (HR. An-Nasa-i, Ahmad, dan yang lain. Di shahihkan oleh Adz-Dzahabi dalam Kitabul Kaba-ir)  

Betapa banyak seorang suami yang katanya menyayangi istrinya, mencintai istrinya namun ia rela perhiasaan yang paling berharganya itu menjadi santapan mata laki-laki lain karena ia biarkan istrinya untuk bertabarruj. Banyak para suami yang membiarkan istri-istri mereka keluar rumah dengan dandanan yang sangat wah, memakai baju minim yang menampakkan aurat dan perhiasannya, lengkap dengan wewangian parfum pada tubuhnya. Sehingga ketika mereka berada diluar rumah, hampir-hampir semua mata memandangnya terpesona, dan bermunculan lah fikiran-fikiran jahat dari manusia akibat bisikan syaiton.

Lalu masihkan dapat dikatan bahwa suami yang seperti ini benar menyayangi dan mencintai istrinya? Atau ia hanya sekadar berucap saja tanpa ada pembuktian?

Maka, wahai para suami, hendaknya engkau dapat membuat skala prioritas dalam menjaga harta mu yang paling berharga.

Jika untuk harta bendamu yang merupakan bekal kehidupan dunia engkau begitu apik dan hati-hatinya dalam menjaganya, dan ketika kehilangannya engkau bersedih, maka apakah engkau rela perhiasan terindah dalam hidupmu dirampas orang, dinikmati orang lain saat berada diluar rumah? Apakah engkau rela perhiasan terindah dalam hidupmu yang dapat menjadi bekal amalan di akhirat kelak menjadi sumber dosa bagimu dan memperberat pertanggung jawabanmu kelak di akhirat? Tidakkah engkau mengetahui sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Ketahuilah, kalian semua adalah pemimpin dan kalian semua akan dimintai pertanggung jawaban tentang apa yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin (keluarganya) dan dia akan dimintai pertanggungjawaban tentang (perbuatan) mereka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Maka tentunlah seorang suami harus lebih berhati-hati lagi dalam menjaga perhiasannya (istrinya) di dunia ini. Jangan sampai ia (istri) di nikmati orang lain yang dapat berujung petaka bagi dirinya dan suaminya. Saat anda begitu ketat menjaga harta anda, maka hendaknya anda lebih ketat lagi dalam menjaga istri anda yang merupakan perhiasan paling berharga dalam hidup anda.

Jika seandainya anda memiliki harta benda yang banyak, emas, perak dan sejnisnya adana masukkan ke dalam berangkas yang hanya anda saja yang dapat membukanya, maka istri anda itu lebih layak untuk anda jaga dari berbagai macam kerusakan di luar rumah. Hendaknya setiap suami menjaga istrinya dalam pakaiannya, dalam akhlaknya, dalam pergaulannya, dan utamannya dalam akidahnya. Agar kelak benar-benar dapat menjadi harta dan perhiasan yang dapat mengantarkan kita kepada kebahagiaan di dunia di akhirat dan dapat bertemu kelak di surga Allah subhanahu wa ta’ala. Amiin.

Fanspage kami RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun facebook kami RUMAH BELANJA Whyluth

0 komentar: