Bagaimana Berlaku Adil Kepada Anak ?

Bentuk Sikap Adil Kepada Anak
Bentuk Sikap Adil Kepada Anak
Bagaimana Berlaku Adil Kepada Anak
Bagaimana Berlaku Adil Kepada Anak
Setelah mengetahui bahwasannya anak adalah anugrah Allah ta'ala. Allah lah yang berkehandak memberikan seseorang anak laki - laki maupun anak perempuan, atau memberikan karunia kepada keduanya, termasuk tidak memberikan anak. Pada tulisan Adil Dalam Mendidik Anak sebelumnya.

Dan telah sedikit di paparkan tentang wajibnya orang tua berbuat adik kepada anak - anak nya baik laki - laki maupun perempuan, serta alasan mengapa kita harus berbuat adil kepada anak, dalam tulisan tersebut. 

Maka kali ini kita akan sedikit menulis tentang bagaimana orang tua berlaku adil kepada anak ? Apakah yang di maksut dengan berbuat adil kepada anak itu mutlak harus sama dalam pemberian hadiah, atau di bolehkan berbeda ? 

Memang di sebagaian kondisi, untuk berbuat adil kepada anak, dalam hal pemberian hendaknya orang tua memberi dengan pemberian yang sama. 

Artinya ketika satu anak di berikan sesuatu, maka hendaknya anak yang lainnya pun di berisak yang semisal dengan pemberian anak yang lain. 

Begitu juga dalam hal ciuman, jika salah seorang anak di beri ciuman kasih sayang oleh orang tua, maka hendaknya anak yang lain pun mendapatkan hal yang serupa. 

Hal ini sebagaimana yang telah sedikit di paparkan dalam tulisan Adil Mendidik Anak dari dua kisah orang tua yang ada bersama dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Lalu apakah dalam hal lain, seperti misalkan pemberian uang jajan, pemberian bekal untuk kebutuhan anak, pakah harus sama antara satu dengan yang lainnya ? 

Tentu tidak. Karena adil yang di maksut adalah adil sesuai dengan kebutuhan anak. Dan adil tidak mengharuskan sama persis. 

Ketika ada orang tua yang memiliki anak yang sudah kuliah dan ada anak yang masih sekolah tingak SD. Maka dalam hal pemberian tentu tidak akan sama. 

Ketika anak yang kuliah di berikan uang ratusan ribu untuk bekal kebutuhannya, sementara anak yang SD pun di berikan yang sama. Maka tentu ini bukan bentuk keadilan. Bahkan hal seperti ini tidak sesuai dengan keadaan. 

Karena tentu kebutuhan anak yang masih SD berbeda dengan kebutuhan anak yang sudah Kuliah. Maka adil dalam hal ini hendaknya orang tua memberikan sesuatu dengan hal yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan tidak di haruskan sama persis. 

Maka adil dalam hal ini adalah memberikan sesuatu sesuai dengan kebutuhannya. Dan tidak harus sama persis dalam pemberian. 

Semoga Bermanfaat. 

Admin | www.RumahBelanjaMuslim.Blogspot.Com

0 komentar: